moms-life

Gaji Cuma Sebesar UMP Mau Investasi? Bisa Bunda, Begini Caranya

Annisa Karnesyia Kamis, 07 Nov 2019 12:41 WIB
Gaji Cuma Sebesar UMP Mau Investasi? Bisa Bunda, Begini Caranya
Jakarta - Baru terima gaji bulanan, Bun? Jangan lupa ditabung ya. Lebih baik lagi, sisihkan sebagian gaji kita terutama upah minimal pendapatan (UMP) untuk tabungan masa depan. Salah satunya dengan investasi.

Menurut Vice President of Marketing KoinWorks, Frecy Ferry Daswaty, sebaiknya gaji dan pemasukan bulanan disisihkan untuk investasi. Namun, tetap juga ditabung untuk keperluan keluarga dan senang-senang.

"Untuk mengatur keuangan keluarga baiknya adalah 10 persen untuk investasi, 70 persen kebutuhan pokok, dan 20 persen untuk kebutuhan lain, misalnya hiburan seperti jalan-jalan keluarga. Dari gaji atau pemasukan, sebaiknya sisihkan untuk investasi," kata Frency.


Nah, menyisihkan gaji untuk investasi sebaiknya mulai dijadikan kebiasaan. Kata CEO Spundi.id, Mada Aryanugraha, kebiasaan rajin menyisihkan dan disiplin menggunakannya untuk investasi bisa menguntungkan.

Meski begitu, dia mengingatkan untuk tidak berekspektasi terlalu besar dengan keuntungan. Investasi memang hasilnya bisa tinggi, tapi jangan asal lakukan trading kecuali analisa fundamental sudah dikuasai ya, Bunda.

"Kalau mau masuk ke investasi bentuk saham, cari yang jangka waktunya panjang, minimal 5 tahun. Karena kalau ada krisis ekonomi, butuh 3 tahun untuk recovery dan uang kita bisa nyangkut," kata Mada, dikutip dari CNBC Indonesia.

Ilustrasi mengatur dana keuanganIlustrasi mengatur dana keuangan/ Foto: iStock

Sebelum melakukan investasi dengan gaji UMP, Mada menyarankan untuk mengecek dulu dana darurat. Paling tidak sudah ada dana darurat, dana investasi, dan dana asuransi kesehatan.

"Bila ingin yang enggak terlalu berat, bisa pilih proteksi asuransi yang minim seperti BPJS. Baru kita siap masuk investasi," ujarnya.

Bunda juga harus perbaiki mainset untuk tidak takut berinvestasi. Jangan lupa juga kontrol biaya pengeluaran untuk tahu kebutuhan yang sudah dipisahkan dengan keinginan.

"Upgrade juga pengetahuan kita untuk tahu instrumen investasi, baru mulai dan pelan-pelan bisa naikkan target," pungkas Mada.

Bunda, simak juga informasi seputar investasi emas di video berikut ya.

[Gambas:Video 20detik]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi