moms-life

Istri Nadiem Makarim Lebih Pilih Investasi Emas, Kenapa?

Yuni Ayu Amida Jumat, 08 Nov 2019 18:45 WIB
Istri Nadiem Makarim Lebih Pilih Investasi Emas, Kenapa?
Jakarta - Menjadikan emas sebagai investasi tentunya hal baik ya, Bunda. Seperti yang dilakukan istri Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, Franka Franklin.

Bagi Franka, sebenarnya pilihan investasi itu kembali pada kebutuhan masing-masing. Karena ada bentuk investasi yang mudah dijual dalam waktu cepat, ada pula investasi yang memang sengaja disimpan untuk jangka panjang.

Namun, Franka sendiri memilih berinvestasi emas karena baginya itu paling aman. Serta bisa dengan mudah dijual saat membutuhkan biaya cepat.


"Jadi untuk saya, emas adalah salah satu bentuk investasi yang paling save, dan kalau bisa ada bentuknya di perhiasan kenapa tidak, jadi sekali-sekali bisa dipakai," ujar Franka, dilansir CNBC Indonesia.

Meski demikian, Franka sendiri sebenarnya tidak terlalu suka memakai perhiasan. Dia lebih senang berpenampilan sederhana dan praktis. Namun, saat ia sadar bahwa memakai perhiasan bukan hanya untuk menghias diri saja, melainkan untuk mengekspresikan perasaan atau menyampaikan pesan tertentu. Misalnya saat ia memakan anting bertuliskan 'tanah air' di hari pelantikan Nadiem Makarim.

"Saya sebenarnya enggak terlalu sering pakai perhiasan selain Tulola waktu dulu, karena saya juga pakai baju rata-rata lumayan simple. Cuma pada saat saya memakai itu membuat perasaan saya keluar, contohnya makanya pada saat saya pakai anting yang Tanah Air itu karena memang sudah satu rasa dengan apa yang terjadi di hari itu," paparnya.

Istri Nadiem Makarim Lebih Pilih Investasi Emas, Kenapa?Foto: Palevi S/detikFoto


Nah terkait investasi emas, menurut Indra S. Juriah dari Tatadana Consulting, perusahaan konsultan keuangan, keluarga, dan bisnis, bila memilih investasi emas lebih baik emas batangan daripada perhiasan.

"Karena kalau misalanya emas batangan itu, production cost-nya lebih murah. Jadi jika sewaktu-waktu ibu membutuhkan dana, itu akan lebih sedikit lost-nya," ujar Indra.

Sedangkan berinvestasi dengan emas perhiasan, bisa berpeluang rugi. Karena akan ada perhitungan di tingkat kerumitan pembuatan perhiasan tersebut.

"Untuk emas perhiasan, potential lost-nya bisa mencapai 5% - 25 %. Sedangkan emas batangan, hanya 1% sampai paling maksimal 6% - 8%," jelas Indra lagi.

Untuk penyimpanannya sendiri bisa Bunda lakukan seperti layaknya menjaga barang berharga lainnya. Tapi, jika memang jumlah emas investasi Bunda sudah mulai banyak, silakan Bunda menyewa Save Deposit Box (SDB) di bank terdekat.

[Gambas:Video 20detik]

(yun/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi