sign up SIGN UP search


moms-life

Skandal Miliarder China, Korupsi dan Punya Simpanan 100 Wanita

Muhayati Faridatun Selasa, 25 Aug 2020 07:09 WIB
Lai Xiaomin ditahan karena kasus korupsi dan terungkap memiliki 100 wanita simpanan. Mereka dibelikan rumah, bahkan dikumpulkan dalam satu wilayah. caption
Jakarta -

Seorang miliarder yang juga politisi asal China, Lai Xiaomin, ditahan karena kasus korupsi. Yang lebih mengejutkan, Bunda, terungkap kalau pria 57 tahun ini memiliki lebih dari 100 wanita simpanan.

Dikutip dari Worldofbuzz, Lai Xiaomin memberikan rumah pada masing-masing istri dan kekasihnya. Bahkan, mereka semua tinggal di lingkungan yang sama di Kota Zhuhai. Lebih mengherankan lagi, para istri dan kekasih Lai Xiaomin bersama anak-anak mereka tanpa masalah.


Namun, euforia kehidupan Lai Xiaomin harus berakhir di balik jeruji besi. Pada April lalu, Lai ditangkap pihak kepolisian, yang menemukan lebih dari 100 properti. Ia juga menyimpan uang tunai sebanyak 270 juta yuan atau sekira 537 miliar rupiah, yang beratnya mencapai tiga ton.

Dengan kekayaan yang dimiliki, Lai Xiaomin disebut-sebut bisa memberikan posisi-posisi penting pada para wanita, sebagai manajer dan eksekutif di perusahaan. Karena diketahui, Lai pernah menjabat sebagai sekretaris Partai Komunis, namun sudah resmi dikeluarkan dari partai tersebut pada 23 Desember lalu.

Dilansir dari Caixingglobal, Lai juga pernah menempati posisi Ketua Manajemen Aset di Huarong. Di bawah kepemimpinan Lai, perusahaan yang didirikan pada 1999 itu berkembang di bidang keuangan, termasuk sekuritas, leasing, hingga real estate.

Lai bergabung dengan Huarong pada 2009, lalu diangkat sebagai pemimpin perusahaan dan ketua partai pada 2012. Dalam wawancara eksklusif Caixin, sumber-sumber terdekat membeberkan beberapa perilaku Lai, yang disebut-sebut berpihak pada perempuan, mementingkan koneksi dan uang.

Melansir dari The New York Times, jaksa penuntut umum telah mengumumkan dakwaan spesifik kasus Lai. Yang terbaru dari serangkaian kasus Lai adalah suap yang melibatkan pejabat dan taipan, ketika Beijing mengendalikan sektor keuangan China da mengurangi pinjaman berisiko.

Selain itu, Lai juga dituduh melanggar aturan politis termasuk menghambur-hamburkan barang miliki negara, mengatur jamuan secara ilegal, dan menerima suap. Demikian diungkap Komisi Pusat untuk Inspeksi Disiplin, yang merupakan dewan pengawas korupsi partai.

Atas kasus yang menimpa Lai, Bunda bisa bayangkan, bagaimana ya nasib para istri, kekasih, dan anak-anaknya? Meski bisa hidup berdampingan, tentu akan susah melanjutkan rumah tangga jika kepala rumah tangga harus mendekam di penjara.


Terkait rukunnya para istri dan kekasih Lai, dijelaskan psikiater asal Inggris, Neel Burton, M.D., konflik dalam pernikahan poligami sebenarnya bisa diredam. Meski kadang ada upaya istri yang 'meracuni' anak demi menguntungkan diri mereka sendiri.

"Ketegangan dapat dikurangi dengan membangun hierarki yang jelas di antara para istri, atau jika istri tersebut bersaudara, atau jika mereka masing-masing memiliki rumah tangga yang terpisah," tutur Burton, dilansir Psychology Today.

Burton juga memaparkan, meski dalam poligami suami harus memperlakukan istri-istri dengan setara. Namun dalam praktiknya, suami hampir pasti akan lebih menyukai yang satu daripada yang lain, dan kemungkinan yang termuda, yang paling baru.

Bunda, simak juga rahasia keharmonisan keluarga aktor tampan Oka Antara, dalam video di bawah ini:


[Gambas:Video Haibunda]

(muf/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi