Sign Up search


moms-life

Kisah Pilu Perempuan Punya 4 Payudara, Sempat Beberapa Kali Ditolak Operasi

Annisa Karnesyia Rabu, 12 Feb 2020 17:07 WIB
Kisah Pilu Perempuan Punya 4 Payudara, Sempat Beberapa Kali Ditolak Operasi caption
Jakarta - Phoebe Ellis, wanita asal Inggris, masih trauma karena pernah memiliki empat payudara. Ellis bahkan pernah ingin bunuh diri karena kondisinya, Bun.

Wanita 22 tahun ini harus menunggu 10 tahun sebelum akhirnya didiagnosis dokter memiliki accessory axillary (armpit) breast tissue atau aksesori jaringan payudara di ketiak. Ellis memiliki benjolan di ketiak kanan dan kirinya.


Benjolan pertama muncul di ketiak kiri saat Ellis berusia 12 tahun. Tiga tahun kemudian, benjolan serupa muncul di sisi kanan ketiaknya.


Akibat kondisinya, Ellis sempat merasa seperti monster. Ia malu dan takut orang-orang mengetahui kondisinya, Bun.

"Aku merasa seperti monster. Aku tidak tahu bagaimana memandang diriku sendiri karena memiliki kelainan yang aneh ini," kata Ellis, dikutip dari Unilad.

"Aku sangat malu. Aku takut orang-orang tahu kondisiku," sambungnya.

Ellis pernah empat kali ditolak operasi oleh Layanan Kesehatan di Inggris (NHS). Alasannya karena operasi tak berkaitan dengan penyakit, tapi lebih pada tindakan bedah plastik (kosmetik).

Saat berusia 20 tahun, dia pernah mengatakan pada dokter tentang kondisi psikologisnya. Dokter lalu berjanji untuk membantunya.

Phoebe EllisPhoebe Ellis/ Foto: Istimewa

Namun, pada 8 Desember 2018 lalu, NHS kembali menyampaikan penolakan operasi di surat yang diterima Ellie. Kala itu, Ellie sakit hati dan merasa tak ada orang yang peduli.

"Aku membaca (surat) itu dan menangis. Aku sangat membenci diriku sendiri," ujar Ellis, dilansir Daily Mail.

"Aku tahu seorang wanita yang payudaranya di reduksi dari NHS. Tapi mengapa saya disamakan dengan orang yang operasi hidung di NHS daripada seseorang yang punya tumor," lanjutnya.

Melihat kondisi Ellis, orang tuanya lalu mulai mengumpulkan uang untuk bisa melakukan operasi pribadi. Anggota keluarganya yang lain juga membantu, Bun.

Ellie mengatakan, dia diliputi rasa bersalah dan sudah bersiap untuk bekerja selama 10 tahun untuk membayar ribuan pound atau puluhan juta untuk mengobati sakitnya.

Akhirnya, terkumpul uang £5,500 atau setara Rp97 juta untuk Ellie menjalani operasi pribadi atau sendiri, dilakukan oleh Dr.Aamer Khan dari klinik Harley Street Skin. Operasi tersebut berhasil dan jaringan yang berhasil diangkat lalu dikirim ke laboratorium untuk pengujian.

Tak lama setelah itu, Ellis akhirnya tahu jika kondisinya disebut accessory axillary (armpit). Kondisi ini terjadi pada 2 sampai 6 persen wanita dan 1 sampai 3 persen pria, Bun.


Ini merupakan kondisi kelebihan jaringan payudara yang terjadi di sepanjang 'milk line' tubuh manusia, seperti ketiak. Benjolan jarang terjadi di wajah, punggung atau paha.

"Dalam beberapa kasus, kondisi ini mungkin muncul dengan puting atau areola, atau keduanya. Ini adalah kondisinya bawaan, sudah ada sejak lahir dan pasien seperti Phoebe tidak menyadarinya sampai mereka mencapai pubertas," terang Khan.

Bunda, simak juga penjelasan ragam penyebab payudara gatal, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(ank/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi