sign up SIGN UP search


moms-life

Tips Diet Ala Artis KPop dengan Makan Ubi, Begini Caranya

Annisa Karnesyia Selasa, 18 Feb 2020 11:42 WIB
Diet makan ubi menjadi salah satu diet yang diterapkan artis KPop, Bunda. Seberapa efektif diet ubi ini bisa menurunkan berat badan? caption
Jakarta - Diet menurunkan berat badan memang banyak jenisnya. Salah satunya diet makan ubi ala bintang Korea, Bun.

Diet ubi diterapkan pada menu makan girl group SNSD, aktris IU, Bae Suzy, dan beberapa bintang Korea lainnya. Sebagai bahan makanan, ubi memang dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan, Bun.


Ahli diet Erica Julson MS, RDN, CLT mengatakan, ubi mengandung sumber serat, vitamin, dan mineral. Ubi yang berwarna kuning jeruk dan ungu, kaya akan antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas.


"Radikal bebas dikaitkan dengan penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung, dan penuaan. Itulah mengapa makanan kaya antioksidan baik untuk kesehatan," kata Juslon, dilansir Healthline.

Ubi juga menjadi sajian yang gampang dimakan untuk menu diet. Bunda bisa mengonsumsinya dengan direbus, dikukus, atau digoreng.

"Sajikan ubi dengan sedikit lemak, seperti minyak kelapa, minyak zaitun, atau alpukat. Hal ini bisa membantu meningkatkan penyerapan beta karoten yaitu nutrisi yang larut dalam lemak," ujar Juslon.

Ilustrasi ubi unguIlustrasi ubi ungu/ Foto: iStock

Mengutip NDTV, berikut 5 alasan kenapa ubi bisa membantu menurunkan berat badan:

1. Ubi memiliki kalori rendah sehingga dikonsumsi dalam bentuk apapun tak akan merusak program diet.

2. Ubi dikenal mampu mengurangi nafsu makan. Studi yang diterbitkan dalam Journal of Medicinal Food menemukan bahwa ubi memiliki kemampuan mengecilkan sel-sel lemak.

3. Kaya nutrisi penting yang dapat membantu tubuh tetap sehat saat menjalankan program diet.

4. Rendah indeks glikemik yang tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah secara cepat dalam tubuh.

5. Kandungan air dalam ubi sangat tinggi membuat makanan ini bagus untuk menurunkan berat badan. Dehidrasi bisa memperlambat metabolisme tubuh dan menyebabkan berat badan mudah naik, Bun. Konsumsi ubi bisa membantu sel-sel tubuh terhidrasi sehingga membantu mencegah penumpukan lemak, menyeimbangkan pH dan membuang racun di tubuh.


Menu diet artis Korea dengan ubi:

- IU: mengonsumsi ubi sebagai menu makan siang. Makan pagi dengan satu buah apel, makan malam minum protein.

- Bae Suzy: Makan pagi dengan dada ayam, satu buah ubi, dan susu rendah lemak. Siang hari makan nasi merah dan salad, sedangkan makan malam kembali mengonsumsi ubi.

- Girl generation: menu makan pagi dan siang adalah dada ayam dengan salad. Makan malam dengan satu butir telur rebus, ubi, dan salad kubis atau paprika.

- AOA Seolhyun: makan besar satu kali sehari dengan menu dada ayam, satu butir telur rebus, dan dua buah ubi. Makanan camilannya berupa buah plum kering dan yogurt.

Bunda, simak juga tips diet bakar kalori yang mudah, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi