sign up SIGN UP search


moms-life

6 Tips Menata Rumah Minimalis: Pilih Dekorasi hingga Furnitur

Melly Febrida   |   Haibunda Sabtu, 22 Feb 2020 16:21 WIB
Menata rumah minimalis memang gampang-gampang susah. Bunda pun harus pandai memilih dekorasi hingga furnitur yang akan digunakan. Yuk simak tips berikut. caption
Jakarta - Apa arti rumah minimalis menurut Bunda? Tiap orang mungkin memiliki jawaban yang berbeda dalam mengartikan rumah minimalis. Namun, maksud minimalis di sini bukan rumah yang kecil ya.

Arsitek freelance Nur Hikmah, S.Ars, mengatakan, sebenarnya dalam dunia arsitektur itu tidak ada istilah minimalis. Yang ada adalah aliran arsitektur modern. Istilah minimalis itu mungkin muncul karena gaya arsitektur modern yang mengurangi unsur-unsur dekoratif.


Leo Babauta, seorang penulis yang juga termasuk seorang minimalis. Menurutnya, rumah minimalis bisa bervariasi bentuknya tergantung selera pemiliknya.


"Saya seorang minimalis, tetapi tidak terlalu ekstrem," tulis Babauta dalam blognya di Zen Habits.

Babauta kemudian berbagi tips menata rumah minimalis. Berikut penjelasannya:

Rumah minimalisRumah minimalis/ Foto: iStock

1. Minim furnitur

Furnitur itu hampir ada di setiap ruangan, jadi Bunda harus selalu mulai menyederhanakan penggunaan furnitur.

Babauta bilang, dalam rumah minimalis, perabotan atau furnitur juga minimalis, Bunda. Pastikan hanya ada perabot penting. Misalnya saja di dalam ruang tamu mungkin hanya ada sofa, kursi, meja, serta tak banyak rak.

"Kamar tidur mungkin memiliki tempat tidur sederhana (atau bahkan hanya kasur), meja rias, dan mungkin rak buku," ujarnya.

Ia menambahkan, semakin sedikit furnitur, semakin baik. Gunakan beberapa furnitur sederhana dengan warna-warna solid dan lembut.

2. Permukaan yang bersih

Di rumah minimalis, lanjut Babauta, permukaan yang datar itu harus bersih. Mungkin hanya ada satu atau dua dekorasi. Tidak ada banyak pernak-pernik, dan jelas bukan tumpukan buku atau kertas, atau barang-barang lain.

3. Dekorasi

Kalau rumah kosong atau enggak ada pernak-pernik sama sekali sebenarnya agak membosankan. Jadi, ketimbang ada meja kopi yang kosong melompong, Bunda bisa menambahkan vas sederhana dengan beberapa bunga. Bunda juga bisa meletakkan foto keluarga.

Untuk dinding yang kosong, kata Babauta, bisa ditempel karya seni yang menakjubkan.

4. Kualitas diatas kuantitas

Babauta menjelaskan, seorang yang minimalis itu hanya memiliki barang yang benar-benar disukai dan bermanfaat, ketimbang menyimpan banyak barang di rumah. Misal, lebih baik memiliki meja yang bagus ketimbang lima perabot lain.


5. Lantai bersih

Lantai harus benar-benar bersih. Maksudnya tidak ada yang berantakan di lantai, tidak ada yang harus ditumpuk, tidak ada yang harus disimpan di lantai. Cobalah membersihkan segala barang yang ada di lantai, yang bisa Bunda berikan pada orang lain, dibuang jika tak bermanfaat, atau masukkan ke tempat yang tidak terlihat.

6. Karya seni sederhana

Agar ruangan tidak membosankan, Bunda bisa meletakkan lukisan, gambar atau foto sederhana, dibingkai dengan warna yang lembut dan solid di setiap dinding. Biarkan beberapa dinding terbuka jika memungkinkan.

Bunda, simak juga rumah yang 'disulap' hingga memiliki kebun luas di lantai 2, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(muf/muf)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!