sign up SIGN UP search


moms-life

5 Tips Menata Kamar Anak di Rumah Minimalis agar Terihat Rapi dan Bersih

Siti Hafadzoh Senin, 23 Mar 2020 05:00 WIB
Konsep minimalis bisa diterapkan pada kamar anak supaya terlihat rapi dan bersih. Berikut tips menata kamar anak di rumah minimalis supaya rapi dan bersih. caption
Jakarta - Kamar anak di rumah minimalis tentunya tidak membutuhkan ruangan yang terlalu besar. Hal terpenting adalah kamar anak terlihat rapi, bersih, dan nyaman.

Prinsipnya, konsep minimalis harus memiliki pengaturan barang yang baik. Bunda juga bisa memilih furnitur yang mulitifungsi.


"Konsep minimalis intinya diterapkan sebagai pemecahan dari masalah penyimpanan, dan pengaturan barang yang lebih baik. Serta mudah disimpan dan diambil kembali," kata dosen arsitektur interior Universitas Ciputra di Surabaya, Lya Dewi Anggraini, S.T, M.T., Ph.D kepada HaiBunda.


Nah, dikutip dari Manila Bulletin, berikut 5 tips menata kamar anak di rumah minimalis supaya rapi dan bersih.

1. Hanya menyimpan barang-barang penting

Anak-anak memiliki banyak barang di kamarnya, mulai dari mainan, buku, bahkan pakaian. Anak biasanya lupa dengan mainan lama mereka, yang ada di kotak penyimpanan. Makanya, Bunda hanya perlu menyimpan barang-barang yang penting dan sangat disukai anak.

Singkirkan barang yang sudah tidak terpakai, apalagi kalau kondisinya sudah buruk. Bunda juga tidak perlu menyimpan banyak mainan yang sejenis. Cukup simpan satu atau dua mainan yang sama.

2. Memisahkan barang

Setelah memilih barang-barang yang penting, waktunya untuk mengatur semuanya dengan rapi. Bunda bisa menyimpan barang-barang anak sesuai kategori. Misalnya, mainan mobil-mobilan disimpan dalam satu tempat dan buku-buku di tempat lain.

3. Memberi label pada kotak penyimpanan

Beri label di semua tempat penyimpanan. Selain memudahkan Bunda untuk mengaturnya, anak juga bisa lebih mudah ketika mencari barang yang mereka inginkan. Bunda juga bisa sambil mengajarkan anak untuk merapikan kembali mainannya ke tempat semula.

5 Tips Menata Kamar Anak di Rumah Minimalis Terihat Rapi dan BersihIlustrasi kamar anak/ Foto: Instagram
4. Pilih tema atau warna

Tema dan warna untuk kamar anak memang terlihat sepele. Tapi, fokus hanya pada beberapa warna atau tema ruangan adalah kunci supaya ruangan terlihat sangat rapi.

Jangan menabrakkan terlalu banyak warna ya, Bun. Maksimal hanya gunakan tiga warna. Tambahkan warna-warna netral seperti putih atau abu-abu supaya terlihat lebih rapi.


5. Pilih furnitur yang fungsional dan indah

Memilih barang hanya karena fungsinya dan mengabaikan estetika justru akan merusak tampilan ruangan. Tapi, punya barang yang estetik supaya kamar terlihat cantik juga akan membuat ruangan terlihat berantakan.

Coba atasi kedua hal tersebut dengan membeli furnitur yang berbentuk estetik sekaligus fungsional. Pastikan juga barang-barang tersebut cocok dengan tema warna ruangan anak.

Bunda juga bisa simak tips menata ruang tamu minimalis di video berikut ini.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi