sign up SIGN UP search


moms-life

Kenapa Jumlah Kambing Akikah Anak Perempuan dan Laki-laki Berbeda?

Kinan Minggu, 08 Mar 2020 18:30 WIB
Akikah anak perempuan adalah seekor kambing, sementara anak laki-laki dua ekor kambing. Apa alasan di balik perbedaan ini ya, Bun? caption
Jakarta - Akikah yakni pemotongan kambing sebagai salah satu bentuk rasa syukur atas kelahiran seorang anak. Untuk akikah anak laki-laki ketentuannya yakni dua ekor kambing, sementara anak perempuan seekor saja.

Dikutip dari buku Tanya Jawab Fikih Sehari-hari yang ditulis oleh Mahbub Maafi, hal ini dilakukan berdasarkan riwayat Ummu Kurz al-Ka'biyyag ra. yang bertanya kepada Rasulullah SAW tentang akikah, Bun.




Rasulullah SAW menjelaskan bahwa benar adanya untuk anak laki-laki dianjurkan dua ekor kambing, lalu untuk anak perempuan satu ekor kambing.

Perbedaan ini tidak bisa dilepaskan dari kondisi sosial dan pemikiran masyarakat di Arab, di mana saat itu kehadiran anak laki-laki lebih diharapkan ketimbang anak perempuan.

"Akikah disyariatkan sebagai perwujudan riil rasa bahagia dengan kehadiran seorang anak, sedangkan kebahagiaan dengan kehadiran seorang anak laki-laki itu lebih besar. Karenanya, akikah untuk anak laki-laki pun lebih banyak." (Abu Ishaq as-Sirazi, al-Muhadzdzab, Juz I, hal. 241)

ilustrasi akikahilustrasi akikah/ Foto: istimewa
Bolehkah akikah diganti dengan uang? Disebutkan bahwa hal ini tidak bisa digantikan, Bun. Ini karena akikah berarti mengalirkan darah atau menyembelih hewan sebaga salah satu bentuk taqarrub atau ibadah dengan hukum sunah muakadah.

"Bersama seorang bayi itu ada akikah, maka alirkan darah untuknya (akikah), dan singkirkan hal yang mengganggunya mencukurnya)." (HR Bukhari)


Nah, jika memang sudah ada rezeki  jangan lupa segera melaksanakan akikah pada anak ya, Bun!

Simak juga resep bola-bola kambing di video ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!