sign up SIGN UP search


moms-life

Selain Dapat Pahala, Ini 5 Keutamaan Berqurban saat Idul Adha

Annisa Afani Rabu, 29 Jul 2020 09:12 WIB
Islamic background Ramadan Decoration 2020 image, Colorful lantern Lamp hanging design, Eid Mubarak Backgroind Selain Dapat Pahala, Ini 5 Keutamaan Berqurban saat Idul Adha/Foto: Getty Images/iStockphoto/sarath maroli
Jakarta -

Hari Raya idul Adha akan diperingati pada 10 Dzulhijah 1441 H atau 30 Juli 2020 mendatang, Bunda. Dengan semakin dekatnya hari besar tersebut, maka akan lebih baik jika kita semakin banyak melakukan ibadah ya.

Sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah memiliki banyak keutamaan jika diisi dengan beribadah. Salah satu ibadah yang bisa dilakukan adalah berqurban.

Amalan berqurban diganjar dengan pahala yang berlipat ganda lho, Bunda. Ibadah yang satu ini juga memiliki banyak keutamaan, serta diperintahkan langsung oleh Allah SWT, seperti yang tertuang dalam Al-quran surat Al-Kautsar ayat 2.


فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ

Artinya: Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berkorbanlah.

Ibadah qurban adalah syariat yang diajarkan oleh Nabi Ibrahim AS. Ia mengorbankan anaknya, Ismail AS, namun Allah SWT menggantikannya dengan seekor domba.

Hukum menjalankan ibadah qurban ini sunah. Sebagaimana yang di riwayatkan dalam hadits Tirmidzi, Rasulullah SAW bersabda, "Saya diperintah untuk menyembelih qurban dan qurban itu sunah bagi kamu."

Ustaz Nasfi Arsyad, Lc mengatakan bahwa ibadah qurban memiliki banyak hikmah. Karena itu, diharapkan menjadi motivasi dan dorongan agar umat Islam yang memiliki kemampuan dan kelapangan tergerak untuk mendapatkan ganjaran.

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah Rasulullah Shalallaahu 'Alayhi Wasallam bersabda,

مَنْ وَجَدَ سَعَةً فَلَمْ يُضَحِّ فَلا يَقْرَبَنَّ مُصَلاَّنَا

Artinya: "Barangsiapa mendapatkan kelapangan tetapi tidak berkurban, maka janganlah dia mendekati tempat salat kami."

"Jadi, barang siapa yang mendapatkan kelapangan rezeki, tapi dia tidak berqurban, jangan hadir salat Ied bersama kita atau tepatnya dia tidak usah salat Idul Adha karena menolak untuk berqurban dalam keadaan rezekinya dilapangkan oleh Allah SWT," tuturnya, dikutip dari YouTube Baitul Maal Hidayatullah.

Islamic background Ramadan Decoration 2020 image, Colorful lantern Lamp hanging design, Eid Mubarak BackgroindIlustrasi hewan qurban/ Foto: Getty Images/iStockphoto/sarath maroli

Sementara dalam buku 'Fiqih Qurban Perspektif Madzhab Syaafi'iy' yang ditulis oleh Muhammad Ajib, Lc., MA, terdapat beberapa dalil lain yang mengisyaratkan cara qurban yang dilakukan oleh Rasulullah SAW.

Seperti yang dijelaskan, Rasulullah SAW menyembelih dua ekor kambing jenis kibas yang bertanduk. Beliau menyembelih dengan tangannya sendiri sambil menyebut nama Allah dan bertakbir, serta meletakkan kakinya di atas pangkal leher hewan qurbannya.

Adapun ganjaran bagi yang melakukan qurban, selain bisa mendapat pahala dan ampunan dari Allah SWT, keutamaan yang lainnya, yakni:

1. Membersihkan harta

Ibadah ini dapat menyucikan harta dan rezeki yang telah diberikan dan kita peroleh dari Allah SWT. Di samping itu, juga menjadi salah satu bentuk rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan-Nya.

2. Mendekatkan Diri Kepada Allah

Berqurban menjadi salah satu cara untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sebagaimana disebutkan dalam surat Al-Maidah ayat 27: "Sesungguhnya Allah hanya menerima (qurban) dari orang-orang yang bertaqwa."

3. Sebagai cermin ketaatan dan kepatuhan

"Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (qurban) supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka. Maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah)." (QS Al Hajj: 34)

4. Sebagai saksi amal

Kelak saat hari akhir, hewan yang kita qurbankan juga akan menjadi saksi atas amal yang kita perbuat, Bunda.

"Tidak ada amalan yang dikerjakan anak Adam ketika hari (raya) qurban yang lebih dicintai oleh Allah Azza Wa Jalla dari mengalirkan darah, sesungguhnya pada hari kiamat ia akan datang dengan tanduk-tanduknya, kuku-kukunya dan bulunya. Sesungguhnya darah tersebut akan sampai kepada Allah Azza Wa Jalla sebelum jatuh ke tanah, maka perbaguslah jiwa kalian dengannya." (HR. Ibnu Majah)

5. Membantu sesama

Dengan berqurban, kita dapat memupuk rasa solidaritas terhadap saudara sesama Muslim dari seluruh kalangan. Baik yang mampu, hingga para fakir miskin, Bunda.

Bunda, simak juga cara Bunda selep ajarkan makna berqurban pada anak dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi