sign up SIGN UP search


moms-life

Ramai Bawang Putih Disebut Bisa Sembuhkan COVID-19? Simak Faktanya Bun

Annisa A Rabu, 14 Jul 2021 18:30 WIB
Garlic on wooden cutting board caption
Jakarta -

Selama pandemi, ada berbagai makanan yang diklaim sebagai obat penyembuh COVID-19. Belum lama ini beredar kabar di grup obrolan WhatsApp yang mengatakan air rebusan bawang putih mampu menyembuhkan Corona.

Narasi tersebut mengatakan bahwa khasiat air rebusan bawang putih telah dibuktikan oleh seorang dokter muslim dari Tiongkok.

Berikut ini pesan yang tersebar di media sosial:

"Kabar baik.... Virus Corona dapat sembuh dgn sendirinya dengan semangkuk air bawang putih yang baru direbus. Seorang Dokter muslim Tiongkok yang telah membuktikan keefektifannya. Banyak pasien juga telah terbukti efektif, Resep: Ambil delapan (8) siung bawang putih cincang, tambahkan tujuh (7) gelas air dan didihkan. Makan dan minum air matang dari bawang putih. Diperbaiki dan disembuhkan dalam semalam... tolong bagikan dengan semua kontak Anda agar dapat membantu menyelamatkan nyawa manusia. mari berbagi kebaikan, karena bagian dari iman, selain ber'doa dan jaga kebersihan. BERBAGI ITU INDAH"

Namun rupanya, kabar tersebut dibantah oleh Kementerian Kesehatan, Bunda. Mereka mengatakan bahwa air rebusan bawang putih tidak dapat menyembuhkan COVID-19.

Banner Rektor Termuda IndonesiaBanner Rektor Termuda Indonesia/ Foto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari



Hal itu tercantum di dalam hasil penelusuran Nadine Salsabila dari Universitas Diponegoro di situs covid19.go.id. Belum ada penelitian ilmiah yang menyebutkan bawang putih dapat menjadi obat Corona.

Bawang putih merupakan salah satu jenis tanaman umbi yang biasa digunakan sebagai rempah-rempah ketika memasak. Menurut WHO, bawang putih memang memiliki kandungan yang bersifat antimikroba. Namun belum ada yang membuktikan bahwa bawang putih mampu menyembuhkan seseorang dari COVID-19.

TERUSKAN MEMBACA KLIKĀ DI SINI.


Saksikan juga video khasiat bawang putih untuk redakan sakit gigi.

[Gambas:Video Haibunda]

(anm)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!