parenting

3 Hal tentang Bayi Makan Cokelat, Bunda Wajib Tahu

Radian Nyi Sukmasari Senin, 01 Oct 2018 08:02 WIB
3 Hal tentang Bayi Makan Cokelat, Bunda Wajib Tahu
Jakarta - Ketika bayi mulai bisa makan, beragam makanan bisa bikin mereka penasaran. Termasuk cokelat nih, Bun. Nah, ada tiga hal tentang bayi makan cokelat yang wajib diketahui para bunda.

Dilansir Health Line, ada tiga hal yang harus Bunda perhatikan ketika memberi cokelat pada bayi.

1. Alergi


Saat bayi makan cokelat, beberapa bisa mengalami alergi. Untuk melihat bayi alergi cokelat atau tidak, lebih baik Bunda mengenalkan makanan baru satu per satu nih. Tujuannya, supaya Bunda tahu makanan mana yang menimbulkan reaksi alergi di tubuh bayi. Segera bicarakan dengan dokter ya, Bun ketika menemukan reaksi alergi pada bayi.

2. Nilai Gizi

Ilustrasi cokelatIlustrasi cokelat/ Foto: Istock
Selain alergi, yang harus Bunda perhatikan saat bayi makan cokelat adalah gizi yang terkandung dalam cokelat. Seperti yang kita tahu, cokleat mengandung banyak gula. Bunda tidak mau kan si kecil mengalami obesitas karena konsumsi gula yang terlalu banyak? Sehingga, Bunda perlu membatasi jumlah cokelat yang dimakan si kecil.

3. Waktu Tepat Bayi Makan Cokelat

Sebenarnya, tidak ada aturan medis tetap yang mengatur kapan bayi boleh makan cokelat. Tapi, beberapa ahli menyarankan untuk tidak memberikan makanan manis seperti permen dan cokelat di tahun pertama bayi. Seharusnya, di tahun pertama bayi dikenalkan dengan beragam makanan sehat seperti sayur dan buah. Apalagi jika Bunda ingin memberi cokelat susu. Ahli menyarankan untuk tidak memberi cokelat pada bayi berusia di bawah 1 tahun.

Ilustrasi cokelatIlustrasi cokelat/ Foto: Istimewa
Ketika membolehkan anak makan cokelat jangan lupa kesehatan gigi dan mulutnya ya, Bun. Dr Terry Teo Kuo-Yih menuturkan memang sulit untuk mencegah anak-anak mengonsumsi permen, kue, cokelat, atau makanan lain yang cenderung manis. Namun, bukan berarti orang tua lantas menyerah begitu saja hingga membiarkan gigi si kecil rusak atau sakit.

"Minimal suruh anak berkumur sehabis makan permen atau cokelat. Ajari juga mereka menyikat gigi sedini mungkin bahkan sejak bayi dengan melatih membersihkan gusinya sesudah menyusu," tutur Dr Terry dikutip dari detikcom. (rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi