Sign Up search


moms-life

Tak Cuma Kesehatan, Bawang Hitam Juga Bisa Atasi Masalah Kecantikan

Jujuk Ernawati Sabtu, 21 Mar 2020 11:14 WIB
Tak Cuma Kesehatan, Bawang Hitam Juga Bisa Atasi Masalah Kecantikan caption
Jakarta - Bawang putih hitam atau bawang hitam (black garlic) menjadi salah satu bahan favorit kalangan koki dan pecinta kuliner di dunia. Selain punya cita rasa yang unik, juga memberikan banyak manfaat kesehatan, Bun.

Bawang hitam berasal dari bawang putih mentah yang difermentasi pada suhu tinggi dan kelembapan tertentu. Warna hitam yang dihasilkan merupakan hasil dari proses fermentasi.


Dibanding dengan bawang putih mentah, bawang hitam memiliki aroma yang tidak tajam. Selain itu, teksturnya juga lebih lembut seperti jeli. Cita rasanya yang halus bisa digunakan dalam hidangan utama maupun penutup.


Selain untuk bahan makanan, bawang hitam juga memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan karena nutrisi dan vitamin yang dikandungnya, di antaranya mangan, vitamin B6, vitamin C, fosfor, selenium, tembaga, vitamin B1, sulfur, dan kalsium. Manfaat bawang hitam untuk kesehatan, seperti meningkatkan kesehatan jantung, mencegah kanker, menyeimbangkan gula darah, meningkatkan kesehatan otak dan daya tahan tubuh.

Selain manfaat kesehatan, bawang hitam juga memberi khasiat untuk kecantikan karena tinggi zat antioksidan yang dikandungnya. Dikutip dari The Daily Meal, sebuah studi pada tahun 2009 menemukan bahwa bawang hitam memiliki kadar antioksidan yang lebih tinggi dibanding dengan bawang putih mentah. Antioksidan bisa mencegah komplikasi diabetes, melindungi integritas sel dan menunda tanda-tanda penuaan.

Nah dikutip dari berbagai sumber, berikut ini manfaat bawang hitam bagi kecantikan yang perlu Bunda tahu:

Menunda tanda-tanda penuaan dini

Penuaan dini disebabkan oleh radikal bebas dan gaya hidup tidak sehat. Nah kandungan antioksidan yang tinggi dalam bawang hitam mampu mencegah tanda-tanda penuaan dini dan memperlambat proses penuaan, lho Bun. 

Bawang hitam juga mengandung senyawa sulfur yang bisa membantu dalam pembentukan kolagen dalam tubuh. Kolagen adalah protein struktural utama dalam kulit dan jaringan ikat lainnya. Beberapa negara telah menggunakan ekstrak bawang hitam sebagai bahan kosmetik untuk menyehatkan kulit dan mencegah penuaan dini.  

Mengatasi masalah kulit

Bawang hitam juga mampu mengatasi masalah kulit, seperti jerawat hingga dermatitis. Bawang ini terbukti punya efek menghilangkan peradangan. Peradangan adalah respons sistem kekebalan tubuh terhadap cedera dan infeksi yang bisa menyebabkan kulit memerah, bengkak atau nyeri.

4 Manfaat Bawang Hitam untuk Atasi Masalah KecantikanBawang hitam/Foto: iStock


Dalam penelitian, bawang hitam terbukti bisa mengurangi jumlah sel yang menyebabkan peradangan dan kerusakan sel. Bawang hitam mengurangi produksi nitric oxide, TNF alpha, dan protein cyclooxygenase-2 yang menjadi pemicu peradangan.

Mengurangi alergi

Berdasarkan studi, bawang hitam terbukti mencegah serangan pada sel-sel sistem kekebalan tubuh, mencegah atau mengurangi respons alergi. Itu karena kandungan antikosidan tinggi yang dikandungnya.

Mencegah kerontokan rambut

Di Korea Selatan, ekstrak bawang hitam sudah umum dijadikan bahan utama untuk sampo atau dicampur dengan rempah lain seperti ginseng. Nutrisi dan antioksidan yang dikandung bawang hitam dijadikan formula untuk menyehatkan, menguatkan dan mencegah kerontokan rambut.


Bunda bisa simak resep salmon dabu-dabu di video berikut yuk!

[Gambas:Video Haibunda]




(jue/jue)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi