Sign Up search


moms-life

5 Tips Decluttering, Cara Mudah Merapikan Rumah Minimalis

Siti Hafadzoh Minggu, 22 Mar 2020 05:00 WIB
5 Tips Decluttering, Cara Mudah Merapikan Rumah Minimalis caption
Jakarta - Rumah dengan konsep minimalis berkaitan erat dengan decluttering. Teknik ini sering digunakan untuk menata ruangan di rumah minimalis, agar terlihat simpel dan rapi.

Decluttering berarti memilih barang-barang yang penting untuk rumah minimalis. Sehingga, memudahkan penghuni rumah untuk mencari barang. Rumah minimalis juga bisa lebih mudah untuk dibersihkan.

Mengutip Good Housekeeping, salah satu cara decluttering adalah membuang produk yang sudah kedaluwarsa. Misalnya, produk yang ada di kamar mandi. Jadi, kita bisa menatanya lebih teratur.



Tentunya, ini selaras dengan prinsip konsep rumah minimalis, Bun. Pada dasarnya, rumah minimalis mementingkan kemudahan penghuni rumah untuk menyimpan dan mengambil kembali barang yang mereka inginkan.

"Konsep minimalis intinya diterapkan sebagai pemecahan dari masalah penyimpanan, dan pengaturan barang yang lebih baik. Serta mudah disimpan dan diambil kembali," kata dosen arsitektur interior Universitas Ciputra di Surabaya, Lya Dewi Anggraini, S.T, M.T., Ph.D kepada HaiBunda.

Nah, dikutip dari The Inspired Home, berikut ini 5 tips mudah melakukan decluttering yang bisa Bunda ikuti. Lakukan ini supaya rumah minimalis tampak rapi dan bersih ya, Bun.

1. Tenangkan diri

Bunda tidak perlu melakukan decluttering alias memilah barang dengan sekaligus kok. Memilih barang di seluruh ruangan secara bersamaan, malah akan menghabiskan banyak waktu. Bunda juga mungkin bingung dan memiliki sedikit waktu untuk berpikir, ketika memilah barang.

2. Hati-hati membeli tempat penyimpanan

Jangan langsung membeli banyak keranjang atau tempat penyimpanan. Bunda perlu merencanakan dan mengukur ruangan. Catat berapa banyak tempat penyimpanan yang benar-benar dibutuhkan.

Hanya karena ada tempat kotak penyimpanan, bukan berarti Bunda perlu menyimpan barang-barang tersebut. Bunda perlu memilah-milah barang tersebut.

5 Tips Decluttering, Cara Mudah Merapikan Rumah MinimalisIlustrasi rumah minimalis/ Foto: Getty Images/iStockphoto/vicnt
3. Pisahkan barang

Buatlah dua tumpukan barang. Satu untuk disimpan dan yang lainnya untuk disingkirkan.

Barang-barang yang disingkirkan juga nantinya perlu dipisahkan lagi, Bun. Pilih barang mana yang akan disumbangkan, dijual, atau benar-benar dibuang.

4. Simpan di tempat yang terlihat

Setelah memisahkan barang, sebaiknya Bunda tidak meletakkannya di tempat yang tidak terlihat. Misalnya, seperti gudang dan garasi. Hal itu membuat mudah lupa, kalau masih memiliki barang yang harus dibuang atau disumbangkan.

Lebih baik simpan di tempat yang terlihat seperti ruang keluarga. Dengan begini, barang tersebut selalu terlihat dan lama-lama Bunda bosan juga melihat tumpukan tersebut yang memenuhi ruangan. Sehingga, barang-barang itu segera disingkirkan dari rumah.


5. Berpikir dua kali

Setelah menyingkirkan barang-barang yang ada di rumah, jangan langsung membeli banyak item untuk mengisi ruangan ya. Nanti malah sama saja ruangan menjadi penuh dan sumpek.

Sebaiknya, ketika belanja, Bunda benar-benar berpikir apakah membutuhkan barang tersebut. Misalnya, ketika mengambil barang di supermarket, Bunda perlu berkeliling dulu sambil berpikir. Kalau barang itu sepertinya tidak terlalu penting, kembalikan lagi.

Semoga tips ini membantu, Bun!

Bunda juga bisa simak ide rumah minimalis modern di video berikut ini.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi