Sign Up search


moms-life

Tips Ultah Anak Tetap Meriah Meski Cuma di Rumah untuk Antisipasi Corona

Kinan Kamis, 26 Mar 2020 12:33 WIB
Tips Ultah Anak Tetap Meriah Meski Cuma di Rumah untuk Antisipasi Corona Ilustrasi ulang tahun anak di rumah/ Foto: Getty Images/kate_sept2004
Jakarta - Saat ingin merayakan dan mengadakan pesta ulang tahun anak, setiap orang tua tentu mau menjadikannya meriah. Namun, di tengah merebaknya virus Corona, acara ulang tahun anak sulit dirayakan banyak orang. Tapi, si kecil jangan kecewa ya. Acara ulang tahunnya bisa tetap berkesan kok.

Biarpun cuma ada kaka, adik, Bunda, Ayah dan si mbak ART (Asisten Rumah Tangga) di rumah, acara ultah si kecil bisa tetap berkesan buatnya.
Apa saja triknya?




1. Dekorasi

Bunda bisa mendekorasi atau menghias rumah dengan bahan daur ulang yang ada. Bicara soal pesta ulang tahun, apalagi anak, konsultan Tangela Walker-Craft mengatakan pada dasarnya lokasi pesta menentukan bujet awal pesta. Demikian disampaikan konsultan Tangela Walker-Craft, dikutip dari Discover. Dengan mengadakan pesta di rumah, bujet bisa dihemat juga, Bun.

2. Pilih makanan dan camilan yang sesuai

Bunda bisa memilih antara memasak sendiri makanan atau membeli makanan siap saji dengan layanan pesan antar atau online. Namun, akan lebih aman jika Bunda menyajikan makanan buatan sendiri ya. Bahkan, camilan sederhana macam buah yang dipotong dan disusun bisa jadi hue ultah mengesankan lho. Termasuk martabak mi yang gampang dimasak bisa jadi inspirasi. 


ilustrasi anak ulang tahunilustrasi anak ulang tahun/ Foto: Getty Images

"Tak ada salahnya membuat makanan sendiri jika memang bisa, termasuk kue ulang tahun, untuk membantu berhemat," ungkap pakar keuangan Sarah Hollenback. 

3. Buat permainan

Buat permainan untuk semua anggota keluarga dengan hadiah kecil-kecilan. Misalnya menebak benda di rumah dan yang tak bisa menjawab harus dipakaikan bedak. 

4. Pakai kostum

Agar lebih meriah, minta semua anggota keluarga pakai baju senada, kalau bisa kembaran, Bun. Tapi, kalau enggak memungkinkan bisa gunakan pakaian yang senada atau bertema tertentu di mana semua orang punya baju tema seperti itu.

Kata psikolog anak dari Tiga Generasi @ Brawijaya Clicic, Fathya Artha Utami, ada manfaat merayakan ultah anak. Dia bisa merasakan hal-hal yang menyenangkan. Dia merasa spesial. Dia merasa keberadaannya dihargai oleh lingkungan

"Bisa merasa dirinya dihargai menurut Fathya sudah bisa dialami anak sejak dia berusia 1 tahun. Sebab, di usia 1 tahun anak sudah mulai belajar mengenali identitas dirinya. Sehingga, di usia berapa ulang tahun anak ingin dirayakan itu kembali pada keputusan orang tua," papar Fathya.

"Yang penting saat hari ulang tahunnya anak itu merasa spesial. Dia kan saat ulang tahun jadi center of interest kan satu hari itu. Kalau dia lagi ultah tapi dicuekin kan sama saja, dia merasa keberadaannya nggak diakui dan merasa enggak dihargai," tutur Fathya mengutip detikcom


Sudah siap membuat pesta ulang tahun kecil-kecilan untuk si Kecil, Bun?

Cek obat untuk turunkan demam anak di sini.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi