sign up SIGN UP search


moms-life

5 Manfaat Pohon Kelor, Baik untuk Kesehatan sampai Menangkal Hal Gaib

Amira Salsabila   |   Haibunda Kamis, 22 Sep 2022 03:00 WIB
5 Mitos dan Fakta Daun Kelor yang Sering Dikaitkan Hal Mistis 5 Manfaat Pohon Kelor, untuk Kesehatan sampai Menangkal Hal Gaib/Foto: iStock
Jakarta -

Kebanyakan orang masih belum tahu apa kegunaan dari pohon kelor. Pohon kelor adalah salah satu tanaman yang memiliki begitu banyak manfaat. Tanaman ini sering digunakan sebagai obat tradisional untuk meningkatkan kesehatan.

Tanaman kelor, makanan super yang kaya akan nutrisi ini berasal dari pohon Moringa Oleifera di India. Tanaman ini telah digunakan selama berabad-abad oleh budaya Timur untuk meringankan sakit kepala, meredakan sembelit, merangsang sistem kekebalan tubuh, meningkatkan penurunan berat badan, hingga meningkatkan libido.

Selain itu, pohon kelor juga disebut sebagai pohon ajaib, lho. Pohon ini memiliki sejarah yang cukup panjang seputar kegunaannya sebagai sistem pengobatan tradisional di seluruh Asia Selatan. Sebuah studi menunjukkan bahwa kelor mengandung senyawa yang dapat meningkatkan kesehatan.


Tidak hanya kesehatan saja, pohon kelor juga dipercaya mitosnya sebagai pohon magis yang dapat menangkal hal-hal gaib. Lalu, apa saja manfaat pohon kelor? Yuk, simak artikelnya berikut ini, ya, Bunda.

5 Manfaat pohon kelor

Pohon kelor memang dipercaya memiliki begitu banyak manfaat, tidak hanya untuk kesehatan tetapi juga bisa menangkal hal-hal gaib, lho, Bunda. Lalu, apa saja manfaatnya? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah lima manfaat pohon kelor.

1. Dapat melawan diabetes

Melansir dari laman Verywell Health, daun kelor dapat membantu melawan diabetes dengan menyeimbangkan gula darah dan mengurangi komplikasi penyakit lainnya.

Tanaman yang satu ini dapat membantu mengurangi jumlah glukosa dalam darah, serta gula dan protein dalam urine. Ini dapat meningkatkan kadar hemoglobin dan kandungan protein keseluruhan.

2. Sumber antioksidan pelindung yang kaya

Senyawa antioksidan yang terkandung dalam tanaman yang satu ini, termasuk nutrisi dan fitokimia, dapat membantu melindungi sel dari kerusakan yang ditimbulkan oleh molekul yang disebut radikal bebas, ini diproduksi oleh tubuh saat terkena racun lingkungan, seperti pestisida dan asap rokok.

Pohon kelor, terutama daunnya, kaya akan sejumlah senyawa yang sangat bermanfaat. Daun kelor dapat memberikan perlindungan antioksidan, ini termasuk vitamin C dan beta-karoten, serta polifenol, seperti quercetin dan asam klorogenat.

3. Melindungi dan menutrisi kulit

Melansir dari laman Medical News Today, biji kelor sangat bermanfaat untuk melindungi rambut dari radikal bebas dan menjaganya tetap bersih dan sehat. Daun kelor juga mengandung protein, yang berarti sangat membantu dalam melindungi sel-sel kulit dari kerusakan.

Ini juga mengandung elemen hidrasi dan detoksifikasi, yang dapat membantu meningkatkan kesehatan pada kulit dan rambut.

Lanjut baca halaman berikutnya untuk mengetahui manfaat pohon kelor yang lainnya, yuk, Bunda.

Bunda, yuk, download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga video 3 khasiat daun kelor yang ada di bawah ini, ya, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

MENINGKATKAN KESEHATAN JANTUNG HINGGA MENGANGKAL HAL GAIB
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!