sign up SIGN UP search


moms-life

Anak Baim & Paula Bentol-bentol, Coba 5 Bahan Rumahan Basmi Tungau di Kasur

Arina Jumat, 15 May 2020 13:04 WIB
Natural Cleaners caption
Jakarta -

Pasangan Baim Wong dan Paula Verhoeven mendadak bersih-bersih rumah, setelah sang anak mengalami kemerahan di wajahnya. Melalui YouTube miliknya, Baim menduga jika Kiano Tiger Wong digigit binatang, sejenis tungau atau semut nih, Bun.

Baim meminta Paula untuk lebih sering membersihkan rumah agar kejadian serupa tak menimpa anak semata wayang mereka lagi. Mereka kemudian secara bergantian membersihkan kasur memakai vacuum cleaner.

Apa Bunda belakangan juga merasa gatal-gatal dan kulit menjadi kemerahan? Atau mungkin si kecil juga mengalaminya? Mungkin itu terjadi karena gigitan tungau di kasur tanpa Bunda sadari.


Bagi Bunda yang bermasalah dengan tungau di kasur, berikut cara membasmi serangga kecil tersebut menggunakan bahan-bahan dapur:


1. Tea Tree Essential Oil

Dilansir dari Boldsky, jika kamu penggemar minyak esensial, tea tree essential oil bisa sangat membantu membasmi tungau di kasur. Teteskan 20 drop tea tree oil dan encerkan dengan 200 ml air.

Semprotkan campuran minyak dan air tersebut ke area yang dirasa memiliki banyak tungau. Minyak ini tak hanya membunuh tungau, tapi juga memungkinkan menutupi bau manusia yang menarik minat tungau. Ulangi setidaknya dua minggu sekali.

2. Baking Soda

Baking soda selalu berguna dalam segala hal. Baking soda juga bisa membunuh tungau di dapur. Ambil baking soda dalam jumlah banyak lalu taburkan ke area yang dihidupi tungau. Baking soda akan membantu membunuh tungau secara perlahan.

cukacuka/ Foto: Istimewa

3. Cuka

Aroma cuka yang kuat membantu mengusir tungau sepenuhnya. Cara yang ideal dengan menyemprotkan cuka ke bawah dan sekitar furniture di kamar tidur. Cobalah setidaknya selama satu minggu dan ulangi proses setiap seminggu sekali.

4. Bubuk Diatomaceous Earth

Bubuk diatomaceous earth atau bubuk filtrasi anti kutu ini sangat efektif dalam membunuh tungau. Hampir 90 persen tungau di tempat tidur terbunuh karenanya. Tak heran bila bubuk ini sering dianggap sebagai salah satu perawatan alami untuk membunuh tungau.


5. Daun Lavender

Aroma dari daun lavender bisa mengusir tungau dalam waktu singkat. Cukup masukkan daun lavender di antara dua potong kain dan letakkan di sekitar tempat tidur. Ganti setiap hari selama 15 hari bisa membantu mengusir tungau sepanjang waktu.

Kulit mati ternyata salah satu penyebab tungau muncul di kasur, Bunda. Simak lebih lanjut penjelasannya dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi