sign up SIGN UP search


parenting

Bunda Siaga, Ini Pertolongan Pertama Saat Anak Digigit Serangga

Yuni Ayu Amida Minggu, 17 Nov 2019 14:04 WIB
Begini cara menangani anak yang digigit serangga. Bunda simak ya. caption
Jakarta - Serangga yang kecil kadang luput dari mata, yang menyebabkan anak mudah terkena gigitannya. Lantas apa pertolongan pertama yang mesti kita lakukan?

Menurut dr.Ponco Birowo, Sp.U, Ph.D, dari RS Asri Duren Tiga, ketika serangga menggigit, misal itu semut merah, singkirkan dulu semut tersebut. Kemudian kompres bagian yang digigit.

"Dikompres dengan air dingin dan handuk bersih," kata Ponco.


Ponco menambahkan, selama tidak ada alergi atau bengkak yang parah, anak tidak perlu dibawa ke rumah sakit. Orang tua bisa melakukan pertolongan pertama seperti memberikan salep khusus.

Misal serangga lain yang menggigit anak, seperti lebah, maka penanganannya bisa lebih serius. "Kalau tawon kan ada racunnya. Jadi cara penangannya harus dikompres air, lalu minum obat antihistamin. Namun, untuk konsumsi antihistaminnya, harus ke dokter dulu," tutur Ponco, dilansir detikcom.

Bunda Siaga, Ini Pertolongan Pertama Saat Anak Digigit SeranggaBunda Siaga, Ini Pertolongan Pertama Saat Anak Digigit Serangga /Foto: iStock


Nah agar Bunda lebih siaga, simak pertolongan pertama yang bisa didapatkan anak ketika digigit serangga, dikutip dari Web MD.

1. Jika digigit lebah madu, maka pastikan hilangkan alat penyengat di kulit. Serangga seperti lebah madu biasanya meninggalkan penyengat di kulit. Saat mengangkat alat sengat tersebut mesti hati-hati, jangan sampai malah lebih masuk ke dalam.

2. Lepaskan segala perhiasan ketat dari area gigitan atau sengatan. Takutnya malah sulit lepas jika area membengkak.

3. Bersihkan area gigitan atau sengatnya dengan mencucinya pakai sabun dan air bersih.

4. Kompres dengan es area tersebut selama 10 menit, kemudian lepaskan es selama 10 menit. Lalu ulangi.

5. Jika sengatan terjadi pada lengan atau kaki, tinggikan area tersebut.

6. Penghilang rasa sakit yang diformulasikan untuk bayi atau anak-anak, seperti acetaminophen (Tylenol) atau ibuprofen (Advil, Motrin) dapat membantu. Pastikan untuk mengikuti instruksi dosis pada botol.

7. Untuk anak di bawah usia satu tahun disarankan hubungi dokter anak.

Tonton tips memberikan obat pada bayi,

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi