sign up SIGN UP search


moms-life

5 Cara Menyimpan Sayur agar Tak Cepat Busuk yang Perlu Bunda Tahu

Arina Rabu, 13 May 2020 15:05 WIB
sayuran hijau yang paling sehat caption
Jakarta - Bagaimana cara Bunda menyimpan sayuran selama ini? Rasanya, sayur jadi cepat busuk kalau tidak segera dimasak ya, Bun.

Mungkin bukan karena tidak langsung dimasak tapi bagaimana cara Bunda menyimpan sayur. Cara menyimpan sayur yang kurang tepat bisa membuat sayuran cepat busuk.


Buat Bunda yang belum pahamĀ cara menyimpan sayur agar tetap segar, bisa simak lima poin di bawah ini:


1. Sayuran Hijau

YouTuber Asahid & TehYung yang memiliki lebih dari 853 ribu subscriber menyarankan, untuk memetik sayuran hijau dan menyimpannya ke dalam wadah. Sayuran hijau seperti kangkung, bayam, singkong, dan lain sebagainya bisa dimasukkan dalam wadah tertutup sebelum masuk ke kulkas.

Sebaiknya masukkan sayur dalam keadaan kering agar tidak cepat busuk. Jangan mencucinya dulu, karena jika disimpan dalam keadaan basah akan membuat sayuran tak tahan lama.

"Kalau dicuci dulu akan basah dan cepat busuk atau layu kecuali kita keringkan," jelas TehYung.

Cara menyimpan sayur agar tak mudah busuk/ Foto: iStock

2. Tauge

Berbeda dengan tauge, sayuran satu ini malah disarankan agar dicuci dulu sebelum masuk kulkas. Cara menyimpan tauge perlu dimasukkan ke dalam wadah. Siram air ke dalam wadah yang berisi tauge baru simpan di kulkas. Tujuan menambahkan air agar tauge tetap segar ketika akan dimasak. Jangan lupa ganti air setiap pagi ya, Bun.

3. Jagung

Cara menyimpan sayur berupa jagung manis bisa dicuci dan dipipil terlebih dahulu, sebelum disimpan di kulkas. Baru kemudian masukkan ke dalam wadah dan tutup agar tetap segar saat akan dimasak.

Teh jahe bawang putihCara menyimpan sayur agar tak mudah busuk/ Foto: iStock

4. Bumbu Dapur

Cara menyimpan sayur lainnya seperti bumbu dapur (jahe, kunyit, lengkuas, dan lengkuas) bisa disimpan secara bersamaan. Sebelum masuk kulkas, TehYung menyarankan untuk menempatkan tisu dapur di bagian bawah wadah.

Cuci bersih semua bumbu dapur, lalu masukkan ke dalam wadah tersebut. Baru kemudian tutup dan masukkan dalam kulkas. TehYung mengatakan kalau mau lebih awet bisa dibungkus satu per satu menggunakan tisu dapur, Bun.


5. Daun Jeruk

Satu lagi cara menyimpan sayur berupa daun jeruk yang biasa menjadi penyedap masakan di rumah. Agar tidak cepat layu, Bunda bisa langsung masukkan daun jeruk ke dalam wadah tanpa tisu dapur. Jika mau lebih awet simpan dalam freezer maka bisa bertahan sampai tiga bulan, Bun.

Nah, Bunda juga bisa melihat tips menyimpan sayuran di bawah ini agar tahan lama:

[Gambas:Video Haibunda]




(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi