sign up SIGN UP search


moms-life

Infused Water, Minuman Sehat Kekinian dengan 5 khasiat

Haikal Luthfi Jumat, 15 May 2020 05:30 WIB
Infused water caption
Jakarta -

Bunda, pernah mendengar infused water? Itu lho minuman air dengan irisan buah di botol transparan.

Secara sederhana, infused water merupakan air putih yang ditambahi potongan buah atau sayuran, yang kemudian disimpan beberapa jam agar sari-sarinya menyatu dengan air. Sehingga, bisa didapatkan rasa dan aroma dari buah atau sayuran dalam air tersebut.

Infused waterInfused water/ Foto: Istimewa

Awalnya, minuman ini diperkenalkan oleh seorang blogger asal Oregon, Amerika Serikat bernama Amy Pogue pada tahun 2012. Ia terinspirasi oleh ibunya yang sejak kecil memberinya air berisi potongan buah lemon di dalamnya.

Infused water bisa juga menjadi pilihan lain untuk mendorong orang agar mengonsumsi air putih. Tentu, dengan sensasi yang lebih berbeda dibanding minum air putih.

Seperti yang diketahui, 60 persen tubuh manusia berisikan cairan. Oleh karena itu, mengonsumsi cairan atau minum air yang cukup sangat penting agar tubuh terbebas dari dehidrasi. Banyak orang yang mengabaikan hal ini, padahal banyak penyakit yang bersumber dari pola minum yang salah.

Apalagi saat Ramadhan seperti ini, tubuh memerlukan asupan cairan yang cukup. Menurut Dr. Diana Sunardi, Ketua Indonesian Hydration Working Group (IHWG), tubuh membutuhkan asupan air yang cukup agar organ tubuh dapat berfungsi dengan baik selama berpuasa.

Dengan menambahkan sedikit potongan buah-buahan dan bahan lainnya akan membuat air putih terasa lebih enak dan segar, sehingga diharapkan dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh setiap harinya.

Nah Bun, selain berfungsi untuk menghidrasi tubuh, fungsi lain dari infused water untuk kesehatan ternyata memiliki banyak manfaat lho!

Mengutip laman Workout Digest, fungsi infused water untuk kesehatan, yakni:


1. Membantu metabolisme tubuh

Ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa air minum mendukung metabolisme tubuh yang juga membantu penurunan berat badan. Air minum mempercepat metabolisme.

Survei membuktikan bahwa dehidrasi ringan dapat memperlambat metabolisme hingga 3 persen. Jika ingin membakar kalori secara efisien, maka harus tetap terhidrasi. Selain itu, minum air dingin dapat membantu meningkatkan thermogenesis, yang merupakan proses di mana tubuh menghasilkan panas.

Dalam beberapa penelitian ditemukan bahwa minum air dingin meningkatkan laju metabolisme. Disimpulkan bahwa minum 2 liter air per hari akan meningkatkan pembakaran sebanyak 95 kalori.

2. Cara mudah dapatkan banyak nutrisi

Seperti yang diketahui bahwa vitamin dan mineral tertentu akan larut dalam air selama direndam. Tidak semua nutrisi dari buah dan sayuran yang diinfuskan didapatkan. Hanya nutrisi yang larut saja yang bisa masuk ke dalam air yang diinfuskan dan nutrisi tersebut meliputi, vitamin C, vitamin B12, vitamin B6, biotin, asam folat, serta elektrolit.

3. Mengurangi nafsu makan

Ada beberapa cara di mana infused water dapat membantu mengurangi hasrat ingin makan. Sebuah studi yang diterbitkan American Journal of Clinical Nutrition menemukan beberapa hasil menarik bagi orang yang berjuang menahan rasa lapar.

Mereka menguji ngidam rasa lapar tersebut pada subjek setelah minum air putih dan air manis. Hasil menunjukkan bahwa pasien yang minum air manis memiliki lebih sedikit mengidam sesudahnya.

4. Melancarkan pencernaan

Tanpa asam lambung yang cukup, tubuh tidak dapat memecah makanan dengan baik yang menyebabkan peradangan. Cara sederhana untuk meningkatkan fungsi pencernaan adalah dengan menambahkan lemon ke makanan. Hal itu juga bisa dilakukan dengan infused water.

5. Mencegah batu ginjal

Manfaat dari infused water, terutama dari buah lemon dapat membantu mencegah kalsium berubah menjadi kristal. Layaknya minum lebih banyak air akan membantu mencegah batu ginjal.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa elektrolit dalam infused water juga dapat membantu mengurangi batu ginjal.

Simak juga Bun, tips gunakan infused water sayur dan buah untuk diet pada video berikut: 

[Gambas:Video Haibunda]



(haf/haf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi