parenting

Anak Minum Infused Water, Disarankan atau Tidak?

Niken Widya Yunita Rabu, 15 Aug 2018 14:02 WIB
Anak Minum Infused Water, Disarankan atau Tidak?
Jakarta - Orang dewasa biasanya minum infused water untuk kesehatan. Lalu bagaimana untuk anak-anak, apakah disarankan?

Konsultan nutrisi dan metabolik Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI/RSCM Dr dr Damayanti R Sjarif SpA (K), mengataka infused water jika diberikan pada anak boleh-boleh saja. Ya, anak bebas saja diberikan air dengan tambahan buah apa saja.

"Kalau air cuma dikasih jeruk dan lainnya boleh-boleh saja sih, nggak bahaya kan. Tapi menurut saya kenapa sih nggak pakai air biasa saja," kata dr Damayanti dalam diskusi 'Problem Gagal Tumbuh pada Balita'.




Anak biasanya ikut minum infused water karena orang tuanya minum air seperti itu juga. Nah, dr Damayanti berpesan pemberian infused water pada anak boleh-boleh saja asal jangan terlalu sering.

Sebaliknya dr Damayanti menyarankan anak-anak untuk minum air putih saja. Sebab rasa air dengan tambahan buah akan membingungkan anak. Dikhawatirkan anak nanti hanya mau minum air yang berasa saja.

"Iya kan berasa. Karena itu (air putih) mencegah obesitas, kan. Karena yang rasa-rasa itu yang bikin obesitas," ucap dr Damayanti.


Dikutip dari detikhealth, ahli gizi sekaligus dosen, Rita Ramayulis DCN, M Kes mengatakan tujuan konsumsi infused water biasanya diperuntukkan bagi mereka yang cenderung dehidrasi dan minum sedikit air. Alasannya karena ada beberapa orang yang tidak suka air tanpa rasa dan aroma.

Dengan sekadar mencampurkan buah dalam air putih maka seseorang bisa terdorong untuk minum air lebih banyak tanpa berisiko menimbun kalori ekstra seperti yang ada pada minuman manis lainnya. (nwy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi