sign up SIGN UP search


moms-life

4 Tips Mendesain Tangga untuk Lengkapi Rumah Minimalis Modern

Siti Hafadzoh Sabtu, 23 May 2020 05:00 WIB
Modern two floor apartment with wooden stairs and living room open to kitchen 4 Tips Mendesain Tangga untuk Lengkapi Rumah Minimalis Modern/ Foto: iStock
Jakarta -

Rumah minimalis modern memiliki dekorasi interior yang sederhana. Termasuk tangga di rumah minimalis.

Menurut Courtney Trump, desainer utama Luft Design, rumah minimalis mengusung konsep sederhana tapi terkesan lebih. Artinya, kita bisa memainkan bentuk dan tekstur desain yang sederhana.

"Jaga agar fondasi ruang sederhana dan desain ruangan detail. Cari kehangatan, tekstur, dan warna yang sesuai. Biarkan bentuk dan tekstur yang mendominasi," kata Trump, dikutip dari Architectural Design.


Jika Bunda memiliki rumah minimalis dua lantai, sebaiknya manfaatkan desain tangga untuk mempercantik ruangan. Tangga yang melengkapi rumah minimalis juga harus memiliki desain yang sederhana dan multifungsi, Bun. Dikutip dari Homethangs, ini 4 tips mendekorasi tangga rumah minimalis modern:

1. Optimalkan ruang

Biasanya, tangga rumah berbentuk zig-zag dari lantai ke lantai. Ini berarti banyak ruang yang habis hanya untuk tangga.

Namun, tangga rumah minimalis modern menyingkirkan ruang yang sia-sia ini. Anak tangga dipasang sejajar, tidak dalam bentuk zig-zag. Sehingga, lebih banyak ruang terbuka.

Tangga rumah minimalisTangga rumah minimalis/ Foto: iStock

2. Manfaatkan kolong tangga jadi ruangan

Ruang yang ada di kolong tangga merupakan area yang cukup besar dan sayang jika tidak digunakan. Ditambah lagi, umumnya tangga dibuat setinggi 3 kaki.

Meski bentuknya segitiga, Bunda bisa manfaatkan kolong tangga menjadi ruangan. Misalnya, ruang santai dengan sofa kecil atau ruang kerja. Kegunaan ruang disesuaikan dengan luas dan bentuknya ya, Bun.

3. Tangga dengan tempat penyimpanan tersembunyi

Manfaatkan dinding tangga menjadi tempat penyimpanan. Pasang rak pada dinding tangga.

Bunda bisa menyimpan koleksi buku atau tanaman hias di rak. Selain fungsional, ini juga memberi kesan dekoratif lho.

4. Pencahayaan yang terang

Tangga rumah minimalis modern akan sangat bagus dengan jendela besar di sampingnya. Kalau tidak ada cahaya matahari, tangga akan terkesan tertutup dan gelap.

Jendela yang besar di area tangga dapat menjadi unsur dekoratif. Selain itu, jendela ini akan membuat suasana lebih santai dan alami.

"Ruang dengan banyak cahaya alami cenderung terlihat lebih hangat," kata desainer interior dan penulis Will Taylor, dikutip dariĀ My Domaine.

Semoga bermanfaat ya, Bun.

Ikuti cara menghias kamar supaya terlihat luas berikut ini yuk.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi