sign up SIGN UP search


moms-life

5 Tips Desain Kamar Mandi Rumah Minimalis, Bujet Rendah tapi Terlihat Mewah

Yuni Ayu Amida Selasa, 30 Jun 2020 05:00 WIB
Interior of a haotel bathroom 5 Tips Desain Kamar Mandi Rumah Minimalis, Bujet Rendah tapi Terlihat Mewah/ Foto: Getty Images/iStockphoto/rilueda
Jakarta -

Kamar mandi adalah salah satu bagian penting dalam rumah, tak terkecuali dalam rumah minimalis. Hanya saja, kadang tampilannya kerap kurang diperhatikan, Bunda.

Padahal jika tampilan kamar mandi ditata dengan baik, kita pun akan semakin nyaman menggunakannya. Nah, apakah Bunda berencana mengubah tampilan kamar mandi untuk mendapatkan kesan mewah?

Jika Bunda berencana demikian, berikut ini HaiBunda rangkumkan tips mendesain tampilan kamar mandi rumah minimalis dengan bujet rendah, dilansir My Domaine.


1. Mix material

Salah satu cara termudah untuk menghemat biaya dalam mendesain kamar mandi adalah dengan mencampur material desainnya. Padukan perangkat keras dan aksesoris untuk menciptakan nuansa mewah.

"Menggunakan kuningan, nikel, cat emas bersamaan bisa diterima dalam desain. Namun, berhati-hatilah untuk tidak terlalu berlebihan. Keseimbangan adalah kuncinya," kata ahli desain, Jonathan Scott.

2. Fokus pada pencahayaan

"Pencahayaan adalah kuncinya, terutama di ruang yang lebih kecil seperti kamar mandi," jelas Jonathan.

Menurutnya, alih-alih menempatkan banyak lampu, coba pilih lampu dengan fokus cahaya paling bagus. Pilih lampu yang awet untuk jangka panjang agar tidak perlu sering mengganti lampu. Selain itu, coba pertimbangkan untuk meletakkan lampu tersembunyi, misal pada cermin. Ini untuk menambah tampilan chic dalam kamar mandi.

"Saat ini, ada banyak cermin yang memiliki perlengkapan lampu bawaan. Ini memberi Anda cahaya yang sempurna saat merias wajah atau mengambil selfie," ujarnya.

3. Maksimalkan tempat penyimpanan

A contemporary modern bathroom design. featuring a bathtub with glass shower stall, toilet and his and her double sink vanity.A contemporary modern bathroom design. featuring a bathtub with glass shower stall, toilet and his and her double sink vanity./ Foto: Getty Images/YinYang

Kata ahli desain Drew Scott, kesalahan umum saat mendesain kamar mandi adalah melupakan tempat penyimpanan. Untuk menghemat biaya, gunakan lemari penyimpanan yang kualitasnya lebih baik daripada lemari biasa yang murah. Ini tujuannya agar lemari awet dan tahan lama.

Ruang penyimpanan yang luas ini juga untuk memastikan kamar mandi tetap rapi, serta menyembunyikan berbagai barang yang mungkin terlihat berantakan.

4. Manfaatkan setiap inci ruangan

Saat mendesain kamar mandi terutama yang berukuran kecil, pastikan untuk memanfaatkan setiap inci sudutnya, Bunda.

"Ada solusi kreatif seperti penyimpanan kickplate, rak gantung yang bisa masuk ke dalam lemari Anda atau di bagian belakang pintu. Hindari ruangan yang tampak berantakan," tambah Jonathan.

5. Pilih ubin yang menarik

Salah satu cara mudah untuk membuat tampilan kamar mandi jadi lebih bergengsi dan mewah adalah dengan pemilihan ubin yang tepat. Pilihlah ubin dengan bentuk, pola, dan warna yang menarik namun sesuaikan dengan bujet.

"Gunakan ini untuk menghemat pengeluaran ketika mendesain bak mandi. Anda tidak akan mengira bahwa menggunakan ubin dan versi yang lebih kecil akan membuat tampilan kamar mandi berbeda," tukas Drew.

Simak juga konsep rumah minimalis dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi