sign up SIGN UP search


moms-life

Tips Mengatur Pencahayaan Rumah Minimalis agar Hemat Listrik

Siti Hafadzoh Jumat, 03 Apr 2020 13:35 WIB
Rumah minimalis memerlukan cahaya matahari yang cukup serta pemilihan lampu yang tepat. Simak tips pencahayaan untuk rumah minimalis berikut ini, Bun. caption
Jakarta - Pencahayaan merupakan salah satu unsur penting bagi rumah minimalis. Ada berbagai keuntungan yang bisa Bunda dapat dari pencahayaan yang baik pada rumah minimalis.

"Ruang dengan banyak cahaya alami cenderung terlihat lebih hangat," kata desainer interior dan penulis Will Taylor, dikutip My Domaine.


Sumber cahaya yang paling baik adalah dari pencahayaan alami, yaitu sinar matahari. Makanya, Bunda perlu mengoptimalkan cahaya matahari yang masuk ke rumah.


Mengutip situs Minimalist, dengan adanya cahaya matahari, rumah jadi tampak lebih indah. Selain itu, Bunda juga bisa menghemat listrik karena tidak perlu menyalakan lampu di siang hari.

Supaya cahaya yang masuk lebih banyak, pastikan sinar matahari tidak terhalang oleh perabot yang tinggi. Selain itu, pilihlah warna cat dinding yang tepat dan dapat memantulkan cahaya. Sehingga, ruangan terkesan lebih luas, Bun.

Setelah mengoptimalkan cahaya alami, Bunda perlu menambahkan lampu untuk penerangan di malam hari. Perhatikan juga jenis lampu yang tepat untuk rumah minimalis.

Tips Mengatur Pencahayaan Rumah Minimalis agar Hemat ListrikIlustrasi rumah minimalis/ Foto: iStock

Umumnya ada beberapa warna cahaya lampu, yaitu cool white, warm white, dan daylight. Penggunaan lampu ini perlu disesuaikan dengan kebutuhan ruangan. Berikut penjelasannya.

1. Warm white

Lampu ini cocok untuk menciptakan ruangan yang nyaman dan santai untuk berkumpul dengan keluarga, serta teman-teman. Biasanya, orang-orang menggunakan lampu ini untuk di ruang keluarga, ruang makan, dan kamar tidur.

2. Cool white

Cool white digunakan untuk memberikan pencahayaan yang terang. Biasanya digunakan di dapur dan kamar mandi.


3. Daylight

Lampu jenis ini warna cahayanya mirip dengan sinar matahari. Daylight dapat digunakan di semua ruangan, Bun.

Dengan sinar matahari dan pemasangan lampu yang tepat, rumah akan terasa lebih hangat dan nyaman. Dan, yang paling bisa hemat listrik nih, Bun. Semoga tips ini bermanfaat ya.

Bunda juga bisa simak tips mendekorasi kamar tidur rumah minimalis berikut ini.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!