sign up SIGN UP search


moms-life

7 Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap di Kulkas agar Tak Rusak Makanan

Arina Minggu, 24 May 2020 05:20 WIB
Close up shot of woman taking container with frozen mixed vegetables from refrigerator while looking at camera. caption
Jakarta -

Apa Bunda sering mencium bau tak sedap di kulkas? Ketika membuka lemari es maka ada bau tak sedap yang sulit diidentifikasi sumbernya.

Seringkali Bunda tidak bingung bau tersebut berasal dari mana. Apakah makanan yang busuk atau tumpahan di rak kulkas? Atau mungkin jamur yang tumbuh?

Bau yang menyengat ini, seringkali ikut merusak rasa makanan ya, Bunda. Pernah enggak tiba-tiba buah atau puding rasanya jadi ikut bau seperti kulkas? Bahkan frozen food di dalam freezer pun tak luput jadi ikut berubah rasa.


Nah, kalau Bunda merasa terganggu, berikut cara cepat menghilangkan bau tak sedap di kulkas:

1. Simpan Makanan Dalam Wadah Tertutup

Dilansir Lifehack, satu cara cepat menghilangkan bau tak sedap di kulkas dengan menyimpan semua makanan dalam wadah tertutup. Jangan menyimpan sisa makanan di piring lalu masukkan saja ke kulkas tanpa ditutup plastik perekat.

Menyimpan makanan dalam wadah tertutup tak hanya membuatnya bertahan lebih lama tapi juga menjaga aromanya tidak mencemari kulkas. Selain itu, makanan juga tidak mudah terkontaminasi bakteri dalam kulkas.

2. Letakkan Baking Soda

Baking soda memiliki sifat pembunuh bau. Untuk itu, bila Bunda mencari cara menghilangkan bau tak sedap di kulkas, manfaatkan baking soda di rumah.

Tuang baking soda ke dalam mangkok kecil. Lalu letakkan dalam lemari es. Biarkan selama beberapa jam maka bau tak sedap akan hilang dengan sendirinya.

kulkasCara bersihkan bau tak sedap pada kulkas/ Foto: iStock

3. Pakai Cuka

Punya cuka di rumah? Cuka juga menjadi salah satu cara menghilangkan bau tak sedap di kulkas. Cuka membantu menetralkan bau tak sedap yang keluar dari kulkasmu, Bun.

Tuang cuka ke dalam cangkir atau mangkok kecil dan masukkan ke dalam lemari es. Setelah cuka dingin maka bisa membantu menghilangkan bau pada kulkas.

4. Oatmeal

Tahukah Bunda kalau oatmeal tak hanya sehat dikonsumsi, tapi juga bisa menghilangkan bau tak sedap di kulkas? Hanya dengan menuang oatmeal ke dalam mangkok alumunium maka bisa menghilangkan bau kulkas.

5. Irisan Lemon

Jika Bunda punya buah lemon di rumah, manfaatkan untuk menghilangkan bau tak sedap pada kulkas. Beberapa irisan lemon mampu menyerap bau tak sedap dari lemari es.

6. Arang

Arang juga bisa menghilangkan bau tak sedap di kulkas dengan cepat. Tempatkan arang dalam mangkok dan masukkan ke dalam kulkas.

Atur suhu lemari es ke temperatur terendah dan diamkan selama tiga hari. Arang bisa membantu menghilangkan bau tak sedap pada kulkas.

7. Biji Kopi

Biji kopi sudah terkenal dengan khasiatnya untuk menghilangkan bau tak sedap, termasuk yang berasal dari dalam kulkas. Masukkan beberapa biji kopi yang baru ditumbuk dan oleskan di atas mangkok atau loyang.

Letakkan biji kopi dalam kulkas semalaman. Ini akan membantu menghilangkan bau tak sedap di lemari es.

Selain itu yang tak kalah penting adalah rajin memeriksa bahan makanan dalam kulkas, Bunda. Disarankan Melanie Radzicki McManus, seorang penulis dan juga traveller bahwa langkah pertama adalah membuang makanan kadaluarsa.

"Kosongkan kulkas, buang makanan rusak dan kadaluarsa. Siapkan wadah khusus juga untuk makanan yang mudah busuk seperti susu dan ikan mentah," terang McManus dikutip dari Familyhandyman.

Jangan lupa juga untuk membersihkan pembatas, laci, dan rak dengan air sabun. Untuk noda mengerak gosong dengan pasta yang dibuat dari baking soda dan air. Bersihkan remahan roti dan makanan lain. Baru ditaburi salah satu dari 7 bahan di atas, Bunda.

Selamat mencoba.

Bunda, simak juga yuk 5 tanda kalau bahan makanan di kulkas sudah harus dibuang dalam video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi