sign up SIGN UP search


moms-life

Bunda Perlu Tahu, 3 Cara Menyimpan Tomat agar Tidak Mudah Busuk

Arina Rabu, 20 May 2020 05:20 WIB
tomat caption
Jakarta -

Apa Bunda sering mendapati tomat menjadi busuk atau kulitnya mulai keriput setelah tiga hingga lima hari di kulkas? Padahal Bunda membeli tomat yang segar.

Tomat yang segar umumnya disertai tangkai warna hijau pada bagian ujungnya. Hal tersebut diungkap oleh YouTuber koki ternama J. Kenji Lopez-Alt.

Kenji juga memberikan satu trik terbaik untukĀ menyimpan tomat agar selalu segar dan tahan lama. Seperti apa trik yang dimaksud? Langsung simak tips di bawah ini ya, Bunda:


1. Terbalik

Lewat video YouTube, Kenji mengatakan kalau satu rahasia agar tomat selalu segar dan tahan lama dengan menyimpannya secara terbalik. Tomat segar mungkin bertahan hingga dua minggu dalam kulkas.

Sebenarnya, tomat bisa selalu segar dan tahan lama lebih dari dua minggu asalkan Bunda menyimpannya dalam keadaan terbalik. Letakkan tomat dalam wadah dengan keadaan terbalik, dengan bagian tangkai di bawah. Ini akan membuat kulitnya tak mudah keriput, serta awet lebih dari dua minggu.

sup tomat italiaCara menyimpan tomat/ Foto: iStock

2. Membersihkan Batangnya

Tomat yang segar umumnya masih terdapat batang hijau di atasnya. Bunda harus membersihkan batang tomat setelah membelinya dari supermarket.

Kemudian simpan dalam keadaan terbalik dengan tangkai di bawah. Ini akan mencegahnya menjadi keriput dan selalu segar, Bun.

3. Simpan Dalam Wadah yang Rata

Kenji juga menganjurkan agar Bunda menyimpan tomat di atas wadah yang rata. Ini akan memberikan tomat peluang terbaik untuk tetap segar dan mencegahnya berkerut selama beberapa hari.

Untuk itu, jika ingin menyimpan tomat pastikan wadah permukaannya rata baru tutup dan masukkan ke dalam kulkas.

Ayo, kita mulai praktikkan di rumah, Bunda.

Bunda, simak juga yuk cara menanam tomat yang bisa dilakukan di rumah dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi