sign up SIGN UP search


moms-life

5 Tips Menata Ruang Tamu Rumah Minimalis Sempit Terlihat Nyaman & Elegan

Siti Hafadzoh Kamis, 21 May 2020 11:24 WIB
5 Tips Menata Ruang Tamu Rumah Minimalis Sempit Terlihat Nyaman & Elegan 5 Tips Menata Ruang Tamu Rumah Minimalis Sempit Terlihat Nyaman & Elegan/ Foto: iStock
Jakarta -

Bunda memiliki ruang tamu berukuran sempit? Tak perlu khawatir, ruang tamu rumah minimalis yang sempit bisa disulap menjadi elegan dan nyaman kok.

Namun, perlu diingat ya, Bunda, desain ruangan pada rumah minimalis itu sederhana. Ini lah yang menjadi ciri khas dan daya tarik ruang tamu rumah minimalis.

Nah, dilansir Somia Design, ini 5 tips mendesain ruang tamu rumah minimalis yang kecil tapi nyaman dan elegan:


1. Gunakan furnitur berkonsep minimalis

Furnitur berkonsep minimalis memiliki desain yang simpel dan elegan tapi tetap fungsional. Furnitur minimalis sangat pas untuk ruangan yang sempit karena terlihat ruangan.

Bunda bisa mengkombinasikan beberapa furnitur, seperti sofa dan standing lamp. Ini akan membuat ruangan tidak terasa monoton.

Menurut dosen arsitektur interior Universitas Ciputra di Surabaya, Lya Dewi Anggraini, S.T, M.T., Ph.D, rumah minimalis cocok dengan furnitur yang sederhana. Perabotan rumah minimalis juga harus mudah dibersihkan.

"Serta bahan dan furnishing yang berkesan berat, serta kurang berfungsi baik dalam menyimpan barang, hanya sekadar hiasan, sebaiknya tidak dipaksakan dalam desain rumah minimalis, karena tidak cocok dengan konsepnya," ujar Lya.

Ruang tamu rumah minimalisRuang tamu rumah minimalis/ Foto: Getty Images/ExperienceInteriors

2. Aplikasikan warna cerah

Mengecat dinding dengan warna cerah seperti putih dapat membuat ruang tamu terlihat lebih luas dan bersih. Bunda dapat mengkombinasikan dinding warna putih dengan lantai yang senada atau material yang membuat ruangan elegan.

3. Bukaan yang besar

Secara psikologis, berada di tempat sempit dapat menyebabkan stres dan perasaan tidak nyaman. Bunda dapat mengakali situasi ini dengan membuat bukaan yang besar.

Pasang jendela atau pintu besar yang mengarah ke taman. Cara ini dapat menghubungkan antara manusia dengan alam.

4. Menggabungkan ruang tamu dengan ruangan lain

Untuk meminimalisasi penggunaan ruangan tanpa mengurangi kenyamanan, Bunda dapat menggabungkan ruang tamu dengan ruang keluarga atau area maka. Ruang tamu juga berfungsi untuk keluarga berkumpul. Jadi, tidak perlu menambah penyekat, Bunda, untuk ilusi lebih luas.

5. Hindari dekorasi berlebihan

Penambahan dekorasi membuat ruangan terlihat lebih indah dan menciptakan focal point. Bunda bisa tambahkan lukisan atau foto di ruang tamu.

Namun, penambahan dekorasi yang berlebihan di ruang tamu yang sempit akan membuat ruangan terasa sumpek. Jadi, kalau ruang tamu Bunda sempit, pasang sedikit dekorasi dan fokus pada barang yang penting ya.

Lihat juga tips menata ruang tamu yang menempel dengan dapur di video ini, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi