sign up SIGN UP search


moms-life

Bunda Merasa Lelah Terus-menerus? Mungkin karena 4 Hal Ini

Annisa Afani Jumat, 22 May 2020 10:58 WIB
Ilustrasi ibu lelah dan stres di rumah Bunda Merasa Lelah Terus-menerus? Mungkin karena 4 Hal Ini/Foto: Thinkstock
Jakarta -

Bunda sering merasa kelelahan secara terus menerus? Hati-hati Bunda, mungkin itu menjadi pertanda bahwa tubuh sedang dalam kondisi kesehatan yang tidak baik.

Lelah yang berkepanjangan tersebut bisa jadi karena Bunda melakukan satu kebiasaan yang tidak baik lho. Beberapa kebiasaan tak baik itu, di antaranya sebagai berikut:

1. Diet tidak sehat


Memiliki tubuh yang sehat dan ideal tentu menjadi dambaan siapapun. Berbagai cara yang dapat dilakukan untuk membentuk postur tubuh, pastinya akan dilakukan.

Beberapa cara tersebut adalah diet dan berolahraga. Melakukan kegiatan tersebut tentu dianggap sah, namun jangan sampai lalai untuk memperhatikan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan, ya Bunda.

Jika kekurangan, tubuh akan akan menjadi lemas, tidak berenergi, dan enggak berstamina. Maka dari itu, bila Bunda memang tengah menjalani program pembentukan tubuh ideal, namun sering merasa kelelahan, mungkin bisa memperhatikan lagi pola dietnya, ya.

2. Kurang tidur

Mendapatkan kualitas tidur yang buruk menjadi salah satu alasan badan terasa lemah, lesu, bahkan mengalami beberapa penyakit kesehatan. Misalnya, penyakit jantung, darah tinggi hingga stroke lho Bunda.

Untuk itu, perlu bagi kita menjaga pola dan kualitas tidur agar tubuh tetap optimal. Bunda bisa memulai dengan mengatur jam tidur, minimal selama 7 jam, dan menghindari kafein.

Ilustrasi kurang tidurIlustrasi kurang tidur/ Foto: Dok. iStock

Selain itu, Bunda juga perlu membuat suasana ruang tidur menjadi tempat yang nyaman. Sehingga pikiran dan tubuh pun akan lebih mudah untuk rileks.

3. Kurang bergerak

Selama kita di rumah saja, mungkin sebagian besar aktivitas yang dilakukan adalah berbaring ya Bunda. Memang, kegiatan ini sangat mengasyikkan karena tidak membutuhkan banyak tenaga untuk melakukannya.

Namun, kegiatan tersebut justru membuat kondisi tubuh menjadi tidak bergairah, lemah, bahkan bisa menurunkan imun tubuh.

Selain itu, ketika jarang bergerak menjadi kebiasaan, membuat tubuh terasa menjadi mudah lelah. Oleh sebab itu, Bunda perlu menyempatkan diri untuk berolahraga agar tubuh menjadi lebih bertenaga.

4. Stres

Setiap orang pastinya memiliki masalah masing-masing ya Bunda. Tidak dapat dimungkiri hal tersebut bisa menjadikan kita stres karena beban pikiran yang kian bertambah. Di saat itu terjadi, ternyata tubuh mengeluarkan hormon kartisol, sehingga tubuh pun akan terasa lelah.

Oleh sebab itu, mengapa orang yang tengah mengeluarkan emosi seperti marah atau menangis, setelahnya akan merasa lelah. Hal tersebut disebabkan oleh tenaga yang ikut terkuras saat melakukannya.

Bunda, simak juga tips atasi stres menikah dan punya anak di usia muda ala Mona Ratuliu berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi