sign up SIGN UP search


moms-life

5 Tips Menanam Bunga Mawar agar Tidak Cepat Mati

Dwi Indah Nurcahyani Senin, 22 Jun 2020 09:53 WIB
Luxurious bright red rose Red Star against the background of lush green garden. caption
Jakarta -

Keindahan bunga mawar memang menggoda pencinta tanaman untuk menjadikannya koleksi di rumah. Apalagi, bunga mawar tergolong tanaman yang mudah perawatannya.

Selain itu, mawar juga memiliki banyak varietas yang bisa Bunda pilih sesuai selera. Tak perlu repot menanamnya, mawar dapat tumbuh dengan baik dalam pot dan ruang kecil sekalipun.

Melinda Myers, seorang veteran gardener mengatakan untuk menanam bunga mawar mulailah dengan memutuskan dimana Bunda akan menanam mawar tersebut. Perlu Bunda ingat, tanaman ini biasanya membutuhkan tempat yang menerima sinar matahari langsung.


"Mawar mendapatkan pertumbuhan terbaik di bawah sinar matahari penuh. Matahari pagi juga menjadi pilihan terbaik kedua jika Bunda tidak memiliki tempat yang menerima matahari sepanjang hari," ujar Myers seperti dikutip dari Popularmechanics.

Myers pun mengingatkan, bagi Bunda yang ingin menanam mawar sebaiknya tidak menanamnya di tempat yang rendah atau di halaman yang terdapat kolam air. Sebab, air tersebut dapat menyebabkan penyakit, jamur, dan akar yang membusuk.

Luxurious bright red rose Red Star against the background of lush green garden.Cara menanam mawar/ Foto: iStock

Melansir Gardenersworld, berikut hal-hal yang perlu disiapkan sebelum menanam mawar:

1. Siapkan pot

Persiapkan pot yang akan digunakan terlebih dahulu. Kemudian, pilihlah varietas mawar yang diinginkan.

2. Siapkan tanah liat

Jangan lupa, gunakan pula kompos berbasis tanah liat/lempung untuk tanaman dalam wadah jangka panjang. Hal ini akan memastikan pot tidak akan mengering terlalu cepat serta ditambah tanah liat yang mengandung nutrisi dengan baik.

3. Ganjal dengan bata

Upayakan pula agar kompos yang digunakan lembab tetapi tidak jenuh. Kemudian, angkat pot ke atas batu bata atau kaki pot sehingga air yang berlebih dapat mengalir dengan mudah.

4. Pemupukan

Berikan pupuk setiap beberapa minggu agar menjaga daun tetap sehat dan meningkatkan bunga. Perhatikan juga kutu daun yang ada di tanaman tersebut karena mawar dalam pot lebih rentan terhadap serangan hama. Pastikan Bunda meremasnya dengan jari-jari atau berikan semprotan hama yang tersedia di pasaran.

5. Perawatan rutin

Sebagai perawatan rutin, setiap tahunnya ganti media tanam mawar dengan kompos setinggi 5 cm. Beri lapisan baru agar tanaman dapat tumbuh maksimal. Serta, gantilah pot setiap 2-3 tahun ke dalam media tanam yang lebih besar dari yang digunakan sebelumnya dan isi kembali dengan kompos yang segar.

Semoga membantu ya, Bunda

Bunda, simak juga yuk fenomena menanam di rumah selama pandemi Corona dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi