sign up SIGN UP search


moms-life

5 Cara Mudah Atasi Kulit Wajah Iritasi Akibat Sering Pakai Masker

Yuni Ayu Amida Minggu, 28 Jun 2020 18:08 WIB
Young Asian Woman Washing Her Face caption
Jakarta -

Selama masa pandemi Corona, masker jadi sesuatu yang wajib digunakan. Seperti Bunda tahu, masker bisa membantu mencegah penyebaran virus COVID-19.

Nah, saat ini sudah banyak masker non medis atau masker kain yang bisa jadi pilihan untuk Bunda gunakan. Sayangnya, pakai masker setiap hari dalam jangka waktu panjang kadang bisa menyebabkan kulit wajah jadi iritasi.

Nah, berikut ini tips mengatasi kulit wajah iritasi akibat penggunaan masker, mengutip Beautynesia.


1. Bersihkan wajah setelah pakai masker

Kulit pecah-pecah, mengelupas atau yang dikenal dengan istilah breakouts, bisa terjadi ketika bakteri dari tangan ditransfer ke wajah. Ini juga berlaku pada masker, yang artinya kita harus selalu mencuci wajah setelah pakai masker. Apalagi kalau kulit Bunda sensitif, cenderung berminyak, dan rentan berjerawat.

"Jaga kebersihan wajah di siang hari. Walaupun tidak terlihat kotor, pakai masker akan meningkatkan risiko iritasi dan produksi sebum," kata Claire O'Bryan, pakar kulit di The Skin Clique, melansir dari Pop Sugar.

2. Hindari makeup

Tidak menggunakan makeup saat pakai masker bisa menurunkan risiko iritasi pada wajah lho, Bunda. Jadi, kalau bisa, sebaiknya hindari pakai makeup ya, dan jaga kulit wajah sebersih mungkin.

3. Rutin ganti dan cuci masker

Kalau Bunda pakai masker kain, ganti dan cuci dengan rutin ya. Karena jika masker kotor, maka wajah pun berisiko iritasi dan berjerawat.

"Lepas masker setiap satu atau dua jam sekali, selama satu hingga dua menit, agar kulit seimbang dengan suhu dan kelembapan area permukaan wajah lain. Anda bisa menggunakan kembali masker, tapi pastikan masker tetap bersih," kata ahli dermatologi, dr.Harold Lancer, MD.

4. Eksfoliasi wajah

Young Asian Woman Washing Her FaceYoung Asian Woman Washing Her Face/ Foto: iStock

Eksfoliasi wajah adalah cara untuk mengangkat sel kulit mati pada wajah. Bunda perlu tahu, rutin melakukan eskfoliasi bisa membantu mencegah breakouts.

"Secara umum, cleansing, toning dan exfoliating bisa membantu mencegah breakouts," kata O'Bryan.

Untuk menjaga kebersihan wajah, sebaiknya lakukan eksfoliasi wajah dengan produk-produk yang mengandung asam glikolat dan asam salisilat. Selain itu, gunakan produk dengan kandungan benzoyl peroxide atau sulfur untuk mengatasi breakouts.

5. Pakai pelembap

Setelah wajah dibersihkan, jangan lupa untuk menggunakan pelembap yang ringan ya, Bunda. Ini untuk menjaga kelembapan kulit wajah agar terhindar dari breakouts.

"Kandungan hyaluronic acid dalam pelembap bisa membantu. Terkadang, salep antibakteri tiga kali lipat seperti Neosporin bisa diterapkan, jika perlu, ke area wajah yang teriritasi," ujar Harold Lancer.

Simak juga masker alami dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi