sign up SIGN UP search


moms-life

Cara Mudah Menanam Bawang Merah dalam Botol Plastik Bekas di Rumah

Asri Ediyati Minggu, 28 Jun 2020 08:21 WIB
Red onions isolated in burlap on wooden background caption
Jakarta -

Pandemi Corona membuat kita menjadi lebih hemat dalam urusan belanja. Nah, untuk menekan biaya belanja, enggak ada salahnya nih Bunda menanam sayuran sendiri di halaman rumah.

Salah satu yang mudah ditanam adalah bawang merah. Caranya mudah dan sederhana tanpa harus menghabiskan media tanah. Bahkan Bunda bisa memanfaatkan botol bekas untuk menanam bawang merah.

Menurut Elvi Fitriani di laman resmi Cybex Kementan RI, selain dimanfaatkan sebagai bumbu, bawang merah juga mempunyai manfaat bagi kesehatan antara lain menyehatkan rambut dan kulit, mengurangi resiko berbagai jenis kanker dan meningkatkan mood.


"Bawang memiliki kandungan gizi yang tinggi dan kalori rendah konten, kaya antioksidan, vitamin dan mineral," tulisnya, dikutip Jumat (26/6/2020).

Menanam bawang merah cukup mudah karena tinggal menanam bibit saja tanpa perlu melakukan proses persemaian atau pembibitan, Bunda. Masa panen daun bawang juga cukup singkat. Proses mulai menaruh bibit sampai panen, membutuhkan kira-kira 1,5 bulan atau jumlah rumpunnya mulai banyak dan sebagian daunnya sudah ada yang menguning.

Berikut ini cara menanam bawang merah dengan menggunakan media botol bekas:

1. Alat dan bahan

Umbi bawang merah (sudah disimpan di kulkas kurang lebih 15 hari)
Botol plastik 5 liter
Gunting
Pisau
Tali

Plastic bottles water DIY for planting vegetables plant and decoration at home, reuse and recycle conceptsCara menanam bawang merah di botol bekas/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Nungning20

2. Cara menanam

- Potong bagian tengah botol dengan menggunakan pisau membentuk persegi empat.

- Buat lubang di sekitar botol menggunakan gunting.

- Media tanam bisa berupa campuran tanah dan kompos dengan perbandingan 2 : 1. Masukkan tanah ke dalam botol hingga penuh.

- Pilih umbi bawang yang besar, yang telah disimpan dalam kulkas lebih kurang 15 hari, hingga akar nya sudah mulai keluar bahkan daun bawang sudah mulai tumbuh, lalu tanam dalam botol plastik pada tanah basah dengan ketebalan tanah minimal 5 cm. Tiap botol ditanam 1 siung bawang.

- Lakukan penyiraman pada tanaman secara rutin agar terjaga kelembaban/kadar air tanah.

-Pastikan tanamanĀ bawang merah mendapat cahaya matahari.

-Botol plastik bisa digantung di dinding rumah yang terpapar sinar matahari langsung.

Simak juga tips menyemai biji tomat langsung di kebun:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi