sign up SIGN UP search


moms-life

Tips Mudah Menanam Rosemary dengan Pot di Dalam Ruangan, Perhatikan 3 Hal Dasar

Asri Ediyati Sabtu, 27 Jun 2020 10:03 WIB
Tanaman Rosemary caption
Jakarta -

Rosemary adalah salah satu herba yang digunakan sebagai bumbu masakan yang serba guna. Bunda tidak perlu lahan yang luas untuk menanamnya. Satu tanaman rosemary dalam pot bisa membumbui masakan dan mengharumkan dapur.

Untuk menanam rosemary di dalam ruangan. Bunda perlu perhatikan tiga hal dasar agar rosemary berhasil tumbuh. Tiga hal dasar itu adalah cahaya matahari, drainase dan sirkulasi udara yang baik.

1. Cahaya matahari


Dilansir The Spruce, agar rosemary tumbuh baik, paparkan sinar matahari penuh selama enam hingga delapan jam setiap hari. Saat menanamnya di dalam ruangan, letakkan di jendela yang menghadap ke selatan untuk cahaya terang, tetapi jangan biarkan terlalu panas.

2. Tanah

Tumbuhkan rosemary di tanah berpasir dan berdrainase baik. Ya, mengingat tanaman ini berasal dari lereng berbatu Mediterania dan tidak baik jika akarnya tetap basah.

3. Penyiraman

Siram tanaman rosemary saat tanah benar-benar kering. Hati-hati, jangan sampai terlalu banyak air dan hindari membuat tanah menjadi basah (terutama saat tumbuh dalam wadah), karena hal ini menyebabkan pembusukan akar.

Tanaman RosemaryTanaman Rosemary/ Foto: Getty Images/iStockphoto/serezniy

4. Kelembapan

Mengutip dari Horticulture Magazine, jamur tepung adalah tantangan bagiĀ rosemary entah itu ditanam di luar atau di dalam ruangan. Untuk mengurangi kemungkinan jamur, gunakan kipas angin untuk menciptakan angin sepoi-sepoi selama beberapa jam sehari. Semakin sedikit kelembaban tanaman yang terpapar, semakin baik.

5. Jika ingin pertahankan ukuran di pot, pangkas sedikit

Jika Bunda ingin mempertahankan ukuran tanaman rosemary, pangkas beberapa sentimeter akar dari bagian bawah dan samping bola akar, lalu lakukan penanaman kembali dalam pot yang sama. Pastikan untuk memotong beberapa bagian atas pada saat yang sama untuk mengurangi beban kerja akar.

Simak juga tips menyemai tomat secara langsung di kebun:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi