sign up SIGN UP search


moms-life

Tanaman Hias Sri Rejeki Disebut Beracun dan Mematikan, Simak Faktanya

Siti Hafadzoh Minggu, 28 Jun 2020 05:00 WIB
a human hand spray on dumbcane leave in the evening indoor at balcony using a spray bottle watering the plant Tanaman Hias Sri Rejeki Disebut Beracun dan Mematikan, Simak Faktanya/ Foto: iStock
Jakarta -

Sekarang, sedang tren menanam tanaman hias, mulai dari yang kecil-kecil hingga ukuran besar. Salah satu tanaman hias yang banyak digemari adalah sri rejeki.

Tanaman sri rejeki yang termasuk dalam genus Dieffenbachia ini dianggap beracun dan mematikan. Sri rejeki kabarnya bisa membunuh manusia dalam waktu hanya hitungan satu menit.

Tanaman sri rejeki memang bisa menyebabkan reaksi alergi. Misalnya, ketika memakan daunnya atau menggosok mata setelah menyentuh tanaman ini. Akibatnya, muncul pembengkakan.


Dilansir Snopes, penyebab iritasi berasal dari kalsium oksalat yang ada di dalam tanaman. Pada Dieffanbachia dan tanaman lainnya, bahan kimia ini membentuk kristal yang dapat merobek dan mengiritasi jaringan mulut atau mata.

a human hand spray on dumbcane leave in the evening indoor at balcony using a spray bottle watering the plantTanaman hias sri rejeki/ Foto: iStock

Namun, bukan berarti tanaman Sri Rejeki benar-benar mematikan ya, Bunda. Menurut Dr Susiani Purbaningsih, DEA, dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia (UI), efek racun getah pada sri rejeki termasuk dalam tingkatan ringan.

"Beracun tapi tidak membahayakan sekali. Getahnya kalau kena orang bisa bikin gatal tapi ada juga yang enggak," kata Susiani.

Menurutnya, setiap tumbuhan memang punya senyawa yang dipakai untuk melawan musuh. Tapi, tingkatan racunnya berbeda-beda, Bunda.

"Kalau memang diketahui tingkat racunnya tinggi ya pasti sudah tidak dibolehkan jadi tanaman hias," tutur Susiani dikutip dari detikcom.

Jadi, tidak perlu khawatir berlebihan ya, Bunda. Racun pada tanaman hias Sri Rejeki ternyata tidak semematikan itu kok.

Lihat juga video berikut ini yang bisa jadi inspirasi Bunda untuk buat kebun luas di lantai 2.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi