sign up SIGN UP search


moms-life

3 Cara Membuat Alpukat Cepat Matang, Yuk Cek Bunda

Asri Ediyati Selasa, 30 Jun 2020 11:55 WIB
Textured many fresh, organic and green avocado fruits in full-frame background 3 Cara Membuat Alpukat Cepat Matang, Yuk Cek Bunda/ Foto: iStock
Jakarta -

Buah alpukat merupakan salah satu buah terfavorit di dunia. Tak heran di setiap toko buah pasti menyediakan pasokan buah alpukat. Namun, alpukat yang kita jumpai di toko seringkali belum ada yang matang.

Bagaimana cara agar membuatnya cepat matang? Berikut ini tiga cara mudah yang bisa Bunda coba:

1. Letakkan di atas meja


Cara termudah untuk mematangkan alpukat, yakni dengan meletakkannya di atas meja selama beberapa hari untuk membiarkannya matang secara alami.

Alpukat yang lebih hijau bisa bertahan 3 - 5 hari di meja, sebelum menjadi matang sempurna. Sementara alpukat yang berwarna lebih gelap akan lebih cepat matang. Untuk mematangkan alpukat dengan cepat di meja, letakkan di mangkuk atau kantong kertas dengan apel atau pisang.

2. Letakkan bersama pisang atau kiwi

Dilansir Today, pisang, kiwi, dan apel yang semuanya menghasilkan gas etilen, jika diletakkan di sebelah buah yang keras, maka akan melunakkan buah tersebut. Gas alam ini memecah dinding sel internal dan mengubah pati menjadi gula, mematangkan buah secara alami.

Untuk membuat alpukat matang dalam 1 - 2 hari, masukkan ke dalam kantong kertas dengan satu atau dua pisang. Metode ini memekatkan gas yang mengelilingi buah, tetapi masih memungkinkan buah untuk bernapas. Hindari menggunakan kantong plastik yang membuat buah 'tidak bernapas'.

es alpukatilustrasi alpukat/ Foto: istimewa

3. Masukkan microwave atau oven

Kalau alpukat ingin cepat dimakan, Bunda bisa masukkan ke dalam microwave atau oven. Cara mematangkan alpukat dalam microwave, yakni belah alpukat jadi dua dan lepaskan biji, lalu bungkus masing-masing setengah bagian dengan bungkus foil. Panaskan selama 2 menit dalam mode high temperature.

Cara mematangkan alpukat dalam oven, yakni bungkus alpukat dengan kertas timah dan tempatkan dalam oven 93 derajat Celsius selama 10 - 30 menit, tergantung pada seberapa keras alpukat itu. Demikian dikutip dari Foodie Crush.

Simak juga resep olahan alpukat melalui video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi