sign up SIGN UP search


moms-life

Tips Belanja Sayur & Buah 2 Minggu Sekali Biar Hemat Pengeluaran

Yuni Ayu Amida Minggu, 05 Jul 2020 06:30 WIB
Cara aman belanja bahan makanan caption
Jakarta -

Sebagai istri dan juga ibu, kita harus pandai dalam mengatur keuangan keluarga. Nah, salah satu caranya adalah dengan hemat belanja. Bunda sudah melakukannya?

Seperti seorang bunda yang membagikan solusi berhemat yakni dengan cara belanja dua minggu sekali. Tips ini ia bagikan melalui YouTube channel Bloginnara TV.


Yang pertama ia beli adalah satu ekor ayam dengan harga Rp28 ribu. Nah, untuk melakukan penghematan, Mak Iin juga membeli punggung ayam, yang ternyata harganya sangat murah, yakni Rp9 ribu dapat tiga potong."Masak satu-satunya cara untuk kita berhemat, dengan masak kita bisa menekan banyak pengeluaran," kata wanita yang disapa Mak Iin, dikutip Jumat (3/7/2020.)


"Ada sebenarnya yang lebih murah, yaitu punggung ayam tiga biji hanya 9 ribu. Jadi bisa di mix, biar lebih murah jadi beli 1 ekor ayam, sisanya beli punggung ayam," kata Mak Iin.

Ia juga membeli nugget seharga Rp31 ribu. Walau bukan makanan pokok, nugget bisa dijadikan alternatif untuk sarapan pagi biar enggak ribet, dan pilih nugget yang murah tapi berkualitas. Mak Iin juga membeli tulang iga 0,5 kilogram seharga Rp45 ribu. Selanjutnya, ada ikan nila kuning bumbu 1 kilogram yang isinya 6 ekor, dengan harga Rp64 ribu.

"Sebenarnya Mak Iin berencana membeli ikan lele, ikan lele yang udah dikuningin itu satu kilonya sekitar Rp23 ribu, tapi karena kosong, maka beli ikan nila kuning 6 ekor," ujarnya.

Mak Iin juga membeli kentang, yang ukuran besar satu kilogram dengan harga Rp27 ribu, satu lagi ukuran kecil 1 pak dengan harga Rp 3.200. Ada juga sosis 5 buah dengan harga Rp18 ribu. Agar lebih murah, beli sosisnya yang kiloan ya, Bunda.

Kemudian Mak Iin juga membeli sayuran, di antaranya toge 2 pak Rp 3.000, wortel 1 pak Rp 5.400, jagung 2 buah Rp 6.500, buncis Rp 2.500, sawi Rp 2.000, sawi putih yang besar Rp 3.500 dan yang kecil Rp 2.800. Ada juga tempe satu papan Rp 3.000, brokoli Rp 3.600 dan 2 tahu Rp 3.000.

Mak Iin juga tidak lupa membeli buah-buahan nih, di antaranya 2 pepaya dengan harga Rp15 ribu dan Rp12 ribu. Lalu, pisang ambon Rp27 ribu. Dan semangka satu bulatan besar seharga Rp26 ribu.

belanja sayurbelanja sayur/ Foto: shutterstock

Semua kebutuhan belanja tersebut untuk dicukupkan selama dua minggu, Bunda. Jika ditotal, seluruh daftar belanja Mak Iin adalah Rp 337.800. Itu artinya, satu minggu hanya butuh Rp 168.900 kalau kita masak sendiri di rumah.

"Artinya kita hanya menghabiskan dana untuk sayur, buah, dan lauk sekitar 24 ribuan, dan ini memenuhi kebutuhan untuk 4 anggota keluarga, 2 orang dewasa, dan 2 anak kecil," jelasnya.

Mak Iin pun memberikan sedikit tips, salah satunya saat Bunda membeli buah. Misalnya buah pepaya yang sebaiknya dibeli dalam kondisi setengah matang, tujuannya agar bisa disimpan lebih lama.

"Jadi kan bisa dibagi untuk harinya enggak barengan dimakan dan enggak barengan busuknya. Terus kita juga harus tahu cara menyimpan buah, misal kayak pisang, harus digantung biar awet," paparnya.

Selain itu, Bunda juga perlu tahu beberapa jenis sayuran yang bisa disimpan lama. Dari pengalaman Mak Iin, beberapa sayuran yang bisa disimpan lama seperti kentang, wortel, sawi putih, kol, serta jagung.

"Enak dan sehat itu enggak harus dari bahan mahal, tapi mengolah dari bahan yang ada dan disesuaikan dengan bujet," tutupnya.

Nah, Bunda bisa coba cara ini untuk berhemat juga lho.

Simak juga cara simpan jahe agar tahan lama dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi