sign up SIGN UP search


moms-life

3 Bahan Alami Ampuh Hilangkan Panas di Tangan Akibat Cabai

Yuni Ayu Amida Rabu, 01 Jul 2020 09:41 WIB
Chili caption
Jakarta -

Sehabis mengolah cabai untuk masakan ataupun setelah makan cabai, tangan Bunda terasa panas dan tidak nyaman? Nah, kira-kira adakah solusi untuk mengatasi hal ini?

Dijelaskan Alex Russell, seorang ahli persepsi rasa dan bau dari Southern Cross University, cabai memiliki senyawa atau komponen aktif yang bernama kapsaisin, yang bisa menyebabkan sensasi panas atau terbakar jika mengenai reseptor tubuh.


Lebih lanjut, Russell mengatakan, jika ingin menghentikan sensasi terbakar akibat cabai, ini bukan hanya tentang memasukkan sesuatu yang dingin ke dalam mulut atau area yang terkena. Tapi tentang menggunakan sesuatu dengan bahan yang tepat yang bisa memerangi kapsaisin."Area-area tubuh kita sangat sensitif terhadap kapsaisin ini, dan cabai bisa terbakar di mana saja, yang sebenarnya itu iritasi. Cabai bisa menyebabkan sensasi terbakar pada kulit, seperti pada tangan Anda," kata Russell, dilansir Huffington Post.


Cropped shot of a woman and her young daughter washing their hands in the kitchen at homeIlustrasi cuci tangan/ Foto: iStock

"Anda membuat benda-benda ini mengikat kapsaisin, sehingga melepaskannya dari reseptor," tambah Russell.

Nah, berikut ini 3 cara menghilangkan rasa panas di tangan akibat terkena cabai, mengutip MStar.

1. Cuci tangan dengan sabun pencuci piring

Ketika tangan mulai terasa panas, segera bilas tangan dengan sabun pencuci piring. Gosok sabun ke seluruh bagian telapak tangan dan juga di bawah kuku.

Sabun pencuci piring biasanya lebih mudah menghilangkan rasa panas pada tangan, dibandingkan sabun pencuci tangan biasa.

2. Gosok tangan dengan minyak zaitun

Minyak zaitun tidak hanya bagus sebagai sumber lemak baik untuk tubuh, tetapi juga bisa dipakai untuk menghilangkan rasa panas di tangan akibat cabai.

Caranya pun tidak sulit lho. Bunda hanya perlu menggosokkan minyak zaitun pada tangan, sehingga rasa terbakar tersebut hilang. Biarkan satu sampai dua menit sebelum membilas dengan air dan sabun pencuci piring.

3. Rendam tangan dalam susu

Banyak produk dalam susu yang bersifat asam, yang mampu membantu mengurangi rasa panas pada tangan. Protein susu yang disebut sebagai kasein berfungsi sebagai pemecah kapsaisin cabai.

Cara penggunaannya mudah, hanya rendam tangan dalam semangkuk susu selama beberapa menit sampai rasa panas mereda. Kemudian bilas dengan air bersih.

Tapi ingat, sebelum tanganĀ bersih dari rasa panas dan terbakar akibat cabai, jangan sampai menyentuh mata karena kapsaisin pada cabai mudah melekat dan menyebarkan rasa terbakar ke bagian yang Bunda sentuh tersebut.

Simak juga tips menyimpan cabai agar tahan lama dalam video:

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi