sign up SIGN UP search


moms-life

Tanaman Hias yang Bikin Tajir, Bunda Perlu Tahu

Kurnia Yustiana Minggu, 26 Jul 2020 17:15 WIB
monstera caption
Jakarta -

Bunda hobi memelihara tanaman hias? Kalau mau ditekuni, tak hanya Bunda bisa punya halaman rumah yang indah, tapi juga menghasilkan uang tambahan.

Sejumlah tanaman hias yang biasa dikoleksi, nilainya banyak yang terbilang mahal. Kalau Bunda berhasil membudidayakan tanaman hias itu, tentu dapat dijual untuk menambah pundi-pundi tabungan ya.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini tanaman hias yang bikin Bunda tajir:


1. Monstera

Belakangan ini tanaman hias monstera menjadi spektakuler lantaran harganya yang mahal. Monstera sendiri termasuk langka atau sulit ditemukan, Bunda. Menumbuhkan monstera tidak hanya lama, tapi juga butuh tingkat keterampilan tertentu.

Sementara itu, banyak yang mencari tanaman ini. Tampilannya memang menarik ya, Bunda. Sudah langka, cantik pula, maka tak heran kalau harganya mahal.

Monstera bisa didapat di beberapa platform marketplace. Harga yang dipatok pun beragam, mulai dari puluhan ribu hingga lebih dari Rp6 jutaan.

Namun ada pula beberapa pedagang yang menjualnya sampai puluhan juta rupiah, lho. Mahalnya harga tanaman jenis ini tergantung ukuran dan jenis. Semakin langka, harga bakalan lebih mahal.

2. Bonsai

Bicara soal tanaman hias yang mahal, rasanya tak lepas dari bonsai yang bisa mencapai Rp1 miliar. Tanaman hias dengan ukuran kecil ini memang begitu populer di Indonesia ya, Bunda.

Ada berbagai jenis bonsai, mulai dari tanaman beringin, pinus dan lain sebagainya. Nah, bonsai dinilai mahal bukan dari ukuran tanamannya, Bunda.

Bonsai dilihat dari nilai seni atau keindahan bentuknya, yang membutuhkan waktu lama untuk proses pembentukannya. Bahkan sampai puluhan tahun. Kalau perawatannya cenderung mudah.

Festival bonsai di halaman kantor Pemkot Surabaya terasa istimewa. Diantara ratusan bonsai yang dipamerkan ada satu yang harganya mencapai Rp 1 miliar lho.Festival bonsai di halaman kantor Pemkot Surabaya terasa istimewa. Diantara ratusan bonsai yang dipamerkan ada satu yang harganya mencapai Rp 1 miliar lho./ Foto: Amir Baihaqi

3. Anthurium

Anthurium termasuk tanaman hias yang cukup mahal. Harganya ada yang kisaran Rp550 ribu sampai puluhan juta rupiah.

Tak mengherankan kalau harganya mahal. Dengan lebih dari 1.000 jenis, tanaman yang juga dikenal sebagai kuping gajah ini tampilannya memang begitu cantik.

4. Euphorbia

Tampil dengan bunga yang bergerombol dan warnanya mencolok, euphorbia begitu digemari buat koleksi. Tanaman ini menyukai cuaca panas, sehingga mudah untuk dirawat.

Euphorbia memang sudah lama populer dan sempat begitu mahal pada zamannya dulu. Tapi sekarang, untuk jenis-jenis tertentu masih ada yang menjualnya hingga jutaan rupiah.

Bunda lebih baik memelihara euphoria dari sekarang juga. Siapa tahu bakalan musim lagi dan harganya semakin mahal.

5. Sanseviera

Tanaman yang dikenal sebagai lidah mertua ini memiliki bentuk daun yang pipih, memanjang dan berujung tajam. Sedangkan motif permukaan daunnya seperti sisik ular. Unik ya, Bunda.

Sanseviera sempat hits beberapa waktu silam dan memang banyak yang sekarang sudah murah. Namun, yang harganya mahal juga masih ada, seperti jenis Kirkii Silver Blue yang mencapai jutaan rupiah karena langka.

Simak juga video manfaat berkebun bareng anak:

[Gambas:Video Haibunda]



(kuy/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi