sign up SIGN UP search


moms-life

5 Tanaman Hias Termahal di Dunia, Bonsai Unik Harganya Tembus Rp18 M!

Hilda Irach Minggu, 24 Jan 2021 04:00 WIB
Ilustrasi bonsai caption

Jakarta - Tidak bisa dipungkiri, pandemi corona membuat tanaman hias begitu digandrungi. Akibat permintaan pasar yang membludak, tren tanaman hias tersebut membuat harganya melambung tinggi.

Tak tanggung-tanggung, kini ada beberapa tanaman hias yang memiliki harga jutaan hingga puluhan juta rupiah. Menariknya, meski ditaksir dengan harga yang sangat mahal, tanaman hias tersebut tetap diburu oleh para pecintanya.

Lantas mengapa harga tanaman hias tersebut bisa sangat mahal? Umumnya faktor kelangkaan, perkembangbiakan, hingga keindahan, berperan menaikan harga tanaman hias.


Sebut saja Monstera, tanaman hias yang populer sepanjang tahun 2020 ini memiliki harga yang mahal. Hal ini disebabkan karena corak dan bentuknya yang unik.

Namun, selain kedua tanaman hias tersebut masih ada lagi tanaman hias termahal  di dunia lho, Bunda. Beberapa di antaranya bahkan mencapai miliaran rupiah. Mengutip dari laman The Spurce, berikut ini lima tanaman hias termahal di dunia. Simak selengkapnya di bawah ini ya, Bunda.

1. Mature fiddle leaf fig tree

Dikenal sebagai pohon kimunding atau ketapang biola, tanaman hias ini populer karena daun yang lebar dan mengilap. Karena dedaunannya yang cantik inilah fiddle leaf fig diburu dan dicintai oleh banyak desainer interior.

Ilustrasi fiddle leaf fig treeIlustrasi fiddle leaf fig tree/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Nelly Senko

Permintaan yang banyak membuat harga tanaman hias ini melambung tinggi. Fiddle leaf dig dibanderol seharga USD80 sampai USD300 atau setara Rp 1,1 hingga Rp4,2 juta (mengacu kurs Rp. 14.085,95).

Fiddle leaf fig mampu tumbuh hampir 50 kaki di hutan tropis. Tetapi jika dalam kondisi ruangan yang tepat, ia dapat tumbuh hingga 10 kaki, Bunda.

Tanaman hias ini sangat sensitif terhadap kualitas udara. Mereka tidak menyukai udara kering atau angin, dan menyukai cahaya sinar matahari tidak langsung.

2. Variegated monstera

Dicintai di Selandia Baru dan di belahan dunia lainnya termasuk Indonesia, tanaman hias monstera merupakan salah satu tanaman paling populer di tahun 2020. Namun, karena budidayanya yang lambat, membuatnya sangat langka dan dibanderol dengan harga yang cukup mahal.

Tanaman jenis ini dijual seharga USD700 hingga USD5000, atau setara dengan Rp9,8 juta hingga Rp70 juta. Fantastis ya, Bunda.

Varirgated hadir dalam berbagai bentuk dan corak yang cantik. Varietas hijau yang biasa dijual hanya USD20 di pusat kebun. Sementara harga varietas lainnya melambung tinggi nih, Bunda.

3. Philodendron minima

Selain monstera, Philodendron minima juga termasuk tanaman hias yang populer. Dikenal sebagai mini monstera atau picolo, tanaman hias ini ditaksir sebesar USD50 hingga USD8. 150 atau setara Rp702.100 hingga Rp114 juta.

Tanaman hias ini memiliki harga yang mahal karena unik dan sangat langka. Philodendron minima yang berukuran kecil, hanya memiliki empat daun dan  warna kuning yang menakjubkan di setiap daunnya.

Lihat juga video berikut Bun soal tanaman hias termahal lain yang harganya bisa mencapai Rp72 miliar!

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Fanny Fabriana Sekeluarga Terkena Covid-19Banner Fanny Fabriana Sekeluarga Terkena Covid-19/ Foto: Mia Kurnia Sari



 

Bonsai. Tanaman Pendek dengan Harga Tinggi
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!