sign up SIGN UP search


moms-life

Bunda Masih Bisa Investasi Kala Resesi Melanda Indonesia, Begini Caranya

Siti Hafadzoh Jumat, 06 Nov 2020 21:06 WIB
Gold bars sitting over a bar graph. Selective focus. Horizontal composition with copy space. Stock market and finance concept. caption
Jakarta -

Selain tabungan, kita juga perlu lho menyimpan uang dalam bentuk investasi. Meskipun saat ini kita sedang menghadapi resesi. Tapi, berapa banyak uang yang harus disisihkan dari gaji untuk investasi?

Perencana keuangan Advisors Alliance Group Indonesia Andy Nugroho mengatakan, idealnya 10 persen dari gaji digunakan untuk berinvestasi nih.

"Prinsipnya ideal itu 10 persen dari penghasilan kita. Misal gaji Rp 5 juta kan, bisa Rp 500 ribu sebulan," kata Andy.


Namun, mengingat sekarang kita menghadapi resesi, Bunda wajib mengukur kemampuan keuangan ya. Kalau dalam kondisi sulit, jangan memaksakan diri untuk berinvestasi.

"Cuma semua kembali ke kemampuan masing-masing ya, kalau memang ada isu keuangan kayak habis kena PHK atau bisnis shutdown, ditabung dulu aja. Agar mudah digunakan kalau ada keadaan darurat," ujar Andy dikutip dari detikcom.

Sebelum berinvestasi, ada baiknya Bunda pisahkan dulu biaya kebutuhan tetap bulanan. Jika memungkinkan, siapkan juga dana darurat ya.

Jumlah 10 persen dari gaji bisa diinvestasikan dalam bentuk apa ya? Misalnya, dengan gaji per bulan Rp5 juta, Bunda bisa menyisihkan Rp500 ribu untuk investasi.

"Itu cukup buat buka reksa dana. Kalau emas bisa untuk menabung emas, atau mau nabung sendiri nunggu bisa satu gram bisa juga. Jadi ini yang modalnya murah, keuntungannya juga lumayan," kata Andy.

Bunda, lihat juga langkah mempersiapkan dana pendidikan anak sejak dini di video berikut ini yuk.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/kuy)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!