sign up SIGN UP search


moms-life

7 Cara Menyetrika Baju Gamis yang Tepat dan Rapi

Arina Rabu, 29 Jul 2020 20:37 WIB
gamis lebaran 2019 caption
Jakarta -

Beberapa wanita merasa cukup kesulitan menyetrika baju gamis. Potongan long dress dengan model flare pada bagian roknya, belum ditambah lengan yang panjang membuat baju gamis lebih sulit disetrika.

Memang tidak mudah, Bunda. Perlu trik agar baju gamis rapi dan tidak lecek saat dipakai. Dilansir eHow, berikut cara menyetrika baju gamis yang tepat dan rapi.

Langkah 1

Sebelum menyetrika baju gamis, Bunda perlu mengatur panas suhu sesuai dengan materialnya. Jika pakaian terbuat dari bahan yang lembut seperti sutera, satin, atau bermaterial tipis, sesuaikan saja pengaturan panasnya, Bunda. Ikuti petunjuk dari alat setrika tersebut.


Langkah 2

Langkah selanjutnya saat menyetrika baju gamis adalah dengan membuka rok bagian bawah. Lebarkan rok gamis di atas papan setrika dengan posisi bagian atasnya menggantung di meja setrika.

Langkah 3

Setrika bagian belakang rok dengan gerakan lurus ke bawah, mulai dari pinggang dan berakhir di jahitan paling bawah. Gerakannya cepat dan sedikit ditekan untuk menghilangkan kerut.

Balik rok hingga kedua sisinya berada di atas papan setrika. Kemudian menyetrika baju gamis bagian depan rok setelah menyelesaikan sisi belakang serta samping.

gamis lebaran 2019Ilustrasi/ Foto: Istimewa

Langkah 4

Buka ritsleting atau kancing saat menyetrika baju gamis. Letakkan di atas papan setrika menghadap belakang dalam keadaan kancing atau ritsleting terbuka. 

Langkah 5

Mulailah menyetrika baju gamis dari belakang gaun tersebut. Balikkan gamis setelah menyetrika bagian belakang.

Langkah 6


Berbeda dengan kemeja, menyetrika lengan gamis saat hampir semuanya selesai. Letakkan gamis di atas papan setrika kemudian luruskan bagian lengannya. 

Mulailah menyetrika bagian bawah lengan baju gamis kiri dan kanan. Hati-hati agar tidak menekan setrika ke tempat yang sudah Bunda rapikan.

Langkah 7

Gantung setelah menyetrika baju gamis. Perhatikan, apakah ada bagian gamis yang lecek? Disarankan untuk memakai baju gamis beberapa jam setelah disetrika agar kerutan tidak terbentuk saat dipakai.

Simak juga video cara cuci sayur dan buah yang benar:

[Gambas:Video Haibunda]



(kuy/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi