sign up SIGN UP search


moms-life

Bunda Merasa Sakit Ketika Bercinta, 2 Hal Ini Pemicunya

Siti Hafadzoh Kamis, 30 Jul 2020 20:30 WIB
Suami dan istri Bunda Merasa Sakit Ketika Bercinta, 2 Hal Ini Pemicunya/ Foto: iStock
Jakarta -

Beberapa wanita mengalami rasa sakit ketika melakukan hubungan seks, Bunda. Kondisi seperti ini normal tidak ya?

Faktanya, studi di tahun 2017 menunjukkan bahwa 7 persen wanita merasa sakit selama berhubungan seks. Nah, penyebab munculnya rasa sakit ini beragam.

Wanita yang mengalami rasa sakit ketika berhubungan seks mungkin menyembunyikan ini dari pasangan mereka. Banyak juga yang tidak berkonsultasi dengan dokter terkait rasa sakitnya.


Rasa sakit ketika melakukan seks ini bisa terjadi pada wanita dari berbagai usia. Sakit ketika berhubungan seks juga bisa datang dan pergi.

Dilansir Healthline, salah satu faktor penyebab rasa sakit ketika bercinta adalah menopause. Penurunan kadar estrogen ketika menopause menyebabkan vagina menjadi kering. Nah, inilah yang membuat vagina terasa sakit ketika berhubungan seks.

Namun, ini tetap ada solusinya kok, Bunda. Dokter akan merekomendasikan perawatan yang cocok untuk Bunda.

Quarrelling Young Couple in the Bed, Young People Lying Turned Away From Each other and Lay on Their Sides Holding Grudges and Being OffendedIlustrasi suami istri/ Foto: Getty Images/iStockphoto/gorodenkoff

Rasa sakit juga bisa terjadi di bagian vulva. Ini adalah bagian terluar dari alat kelamin wanita.

Ketika rasa sakit tidak memiliki penyebab yang jelas, ini dikenal sebagai vulvodynia. Kondisi ini terjadi pada 3 sampai 14 persen wanita di usia 30 tahun.

Provoked vestibulodynia (PVD) adalah bentuk kondisi yang paling umum pada wanita sebelum menopause. Ini menyebabkan rasa sakit atau terbakar di dekat vagina ketika ditekan.

Penyebab lain yang seringkali tidak disadari adalah hubungan dengan pasangan. Penelitian di Inggris menyimpulkan, wanita yang merasa sakit ketika berhubungan seks merasa tidak punya preferensi seks yang sama dengan pasangan mereka.

Nah, untuk mengatasi ini, psikolog klinis Natalie Rosen menyarankan agar Bunda lebih membuka diri. Katakan yang sebenarnya kepada pasangan.

"Pasangan akan menghargai informasi itu. Mereka tidak ingin wanita merasakan sakit," kata Rosen.

Jadi, komunikasikan lagi ya tentang apa yang Bunda inginkan.

Simak juga cara Ivy Batuta dan suami memberikan pendidikan seks kepada anak berikut ini, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi