sign up SIGN UP search


moms-life

Hubungan Seks Saat Wanita Menopause, Masihkah Nikmat?

Siti Hafadzoh Jumat, 31 Jul 2020 20:11 WIB
Suami dan istri Ilustrasi Hubungan Seks Saat Wanita Menopause/ Foto: iStock
Jakarta -

Setiap wanita pasti akan mengalami menopause. Kapan waktu mengalaminya tentu berbeda-beda ya, Bunda. Tapi, yang pasti menopause memengaruhi seks Bunda lho.

Menopause merupakan istilah yang digunakan ketika wanita tidak lagi mengalami menstruasi. Tapi, ini bisa berpengaruh lebih dari sekadar siklus menstruasi.

Dilansir Medical News Today, menopause dapat menyebabkan perubahan fisik dan emosional yang berdampak pada kehidupan wanita. Termasuk kehidupan seks wanita dan pasangan.


Beberapa wanita mungkin mengalami kecemasan, menurunnya libido, sulit tidur, hingga kenaikan berat badan ketika menopause. Gejala tersebut dapat memengaruhi kualitas hubungan Bunda dengan pasangan.

"Menopause tentu saja merupakan hal yang tidak bisa dihindari bagi wanita, dan tidak ada intervensi perilaku yang akan mencegah penghentian reproduksi," kata Profesor Ruth Mace, salah satu tim peneliti dari University College London (UCL) tentang seks dan risiko menopause, dikutip dari Independent.

Shot of a young couple relaxing at homeIlustrasi suami istri/ Foto: Getty Images/iStockphoto/PeopleImages

Penurunan kadar estrogen ketika menopause mengakibatkan berkurangnya peredaran darah ke vagina. Sehingga, jaringan vagina menjadi lebih tipis dan kurang sensitif untuk stimulasi seks.

Hal tersebut juga dapat menyebabkan wanita tidak menikmati seks dan sulit orgasme. Bahkan, seks bisa menjadi tidak nyaman atau menyakitkan bagi wanita.

Selain itu, hormon yang naik turun menjelang menopause dan saat menopause juga memengaruhi kesehatan mental wanita, Bunda. Ini menyebabkan menurunnya gairah seks.

Nah, ada beberapa cara untuk meningkatkan libido bagi Bunda yang mengalami menopause. Termasuk pengobatan medis sampai mengubah gaya hidup.

Meningkatkan aktivitas fisik setidaknya 30 menit atau lebih bisa membantu mengurangi gejala yang berkaitan dengan menopause. Termasuk menurunnya libido. Jangan lupa juga untuk makan sehat dan seimbang ya, Bunda.

Simak juga tips Dewi Gita dan Armand Maulana yang menjalani pernikahan jauh dari gosip berikut ini, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi