sign up SIGN UP search


moms-life

7 Jenis Makanan Bantu Sembuhkan Mual hingga Kanker, Bunda Perlu Tahu

Annisa Afani Sabtu, 01 Aug 2020 14:58 WIB
Ilustrasi makan keluarga caption
Jakarta -

Tidak selamanya kesehatan dapat diperoleh dengan jenis obat-obatan atau suplemen. Bunda bisa tetap sehat, meningkatkan kekebalan tubuh atau pulih dari sakit dengan mengubah gaya hidup dan menjaga pola makan yang baik dan benar.

Makanan yang Bunda konsumsi dapat membantu mencegah atau mengelola gejala. Mendapatkan nutrisi langsung dari makanan jauh lebih baik dibandingkan mengonsumsi suplemen atau obat-obatan untuk menyembuhkan penyakit. Dikutip dari HealthLine, berikut ini tujuh makanan yang bisa membantu menyembuhkan penyakit:

1. Yodium

Yodium sangat penting untuk tiroid, yakni kelenjar yang terbentuk di leher. Kadar yodium yang rendah bisa menyebabkan lesu, berat badan bertambah, dan kelelahan.


Untuk memenuhi kebutuhan ini, Bunda bisa mengonsumsi rumput laut yang kaya yodium, kalsium, magnesium, serta kalium. Namun perlu diketahui bahwa konsumsi yodium yang berlebihan juga dapat menimbulkan masalah.

Beberapa jenis bahan makanan lainnya yang dapat memenuhi kebutuhan yodium dalam tubuh ialah kubis, pak choy, bayam, peterseli, kacang hijau, dan alfalfa.

2. Jahe

Siapapun sudah mengenal jahe sebagai salah satu bumbu masakan ya, Bunda. Namun bukan rahasia lagi bahwa jahe juga bisa mengatasi rasa mual terutama mual dan muntah pasca-operasi, membantu masalah pencernaan, hingga mengobati radang pada sendi.

Untuk memanfaatkannya, Bunda bisa mengolahnya menjadi minuman seperti teh, ataupun dalam bentuk herbal ekstrak, kapsul, serta minyak jahe.

3. Jamur

Jamur dipercaya memiliki sifat yang dapat meningkatkan kesehatan, Bunda. Beberapa jenis jamur tersebut, yakni jamur kancing, shiitake, portabella dan cremini.

Dalam sebuah studi, jamur shiitake dikatakan dapat melawan kanker dengan meningkatkan sistem kekebalan dan memperlambat pertumbuhan tumor melalui senyawa lentinan, Bunda. Menurut American Cancer Society, setidaknya satu uji klinis acak membuktikan bahwa lentinan dapat memperpanjang hidup pasien kanker perut dan kanker kolorektal.

4. Makanan sumber lemak sehat

Penghitungan kalori dari makanan sering kali menyebabkan pengurangan lemak secara drastis. Padahal lemak juga memiliki peran yang sangat penting agar otak berfungsi dengan baik.

Lemak sehat, lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda dapat mengurangi risiko penyakit jantung lho, Bunda. Untuk memenuhi kebutuhan ini, Bunda dapat memperolehnya dari ikan, asupan omega-3, alpukat, minyak zaitun dan kacang-kacangan tertentu, seperti kacang kenari, almond, serta pecan.

5. Buah bit

Sumber energi yang dibutuhkan tubuh berasal dari karbohidrat. Kebutuhan ini biasanya dapat kita peroleh dengan mengonsumsi beras, kentang, roti, ataupun gandum.

Selain dari jenis makanan tersebut, Bunda juga dapat lho memperolehnya dari buah bit. Nilai plusnya, kandungan yang terdapat di dalam buah ini tidak hanya karbohidrat saja, namun ada kalsium, zat besi, vitamin A dan C.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal mengungkapkan buah ini dapat membantu melawan kanker, serta melindungi diri dari penyakit jantung.

alasan untuk rutin minum jus buah bitBuah bit/ Foto: Getty Images

6. Probiotik

Probiotik adalah mikroorganisme hidup atau bakteri baik yang dibutuhkan tubuh untuk melindungi dari penyakit. Biasanya, probiotik ini dapat dapat ditemukan dalam yogurt, kefir, dan minuman kedelai.

Probiotik juga dapat diperoleh dalam bentuk suplemen, Bunda. Penelitian terus mengeksplorasi potensi probiotik untuk mengobati penyakit lain seperti sindrom iritasi usus, infeksi kulit, hingga kanker tertentu.

Laporan dari National Center for Complementary and Alternative Medicine mendukung bahwa penggunaan probiotik dapat mengobati diare dan mencegah infeksi saluran kemih.

7. Kalsium

Berbicara tulang, sudah pasti berhubungan dengan kalsium ya, Bunda. Dan makan makanan yang kaya akan kalsium merupakan langkah yang disarankan untuk penyembuhan patah tulang selain memenuhi kebutuhan vitamin D.

Untuk memenuhi kebutuhan kalsium, beberapa makanan yang dapat Bunda konsumsi ialah produk susu, seperti yogurt dan susu, sayuran hijau, kacang-kacangan, telur, susu, dan ikan berlemak (misalnya, sarden dan salmon).

Bunda, simak juga 3 asupan yang dapat meningkatkan imunitas tubuh dalam video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi