sign up SIGN UP search


moms-life

5 Makanan yang Bisa Lemahkan Ingatan Otak, Catat Bun

Annisa A   |   Haibunda Rabu, 08 Dec 2021 16:27 WIB
Assortment of unhealthy products that's bad for figure, skin, heart and teeth. Fast carbohydrates food. Space for text caption
Jakarta -

Kemampuan otak untuk mengingat dapat menurun seiring dengan pertambahan usia. Hal itu dapat terjadi secara alami, Bunda. Namun beberapa makanan dipercaya membuat manusia lebih cepat pikun.

Beberapa makanan mengandung manfaat untuk menjaga kesehatan otak. Sebaliknya, ada juga yang justru melemahkan kondisi otak apabila terlalu sering dikonsumsi.

Sebuah studi yang dilakukan oleh psikiater nutrisi di Harvard Medical School dan penulis buku This is Your Brain on Food telah mempelajari hubungan antara makanan dengan kesehatan otak.


Studi tersebut mempelajari bagaimana bakteri usus mampu memicu proses metabolisme dan peradangan otak. Ternyata, ada beberapa makanan yang harus kita hindari karena berisiko membahayakan bakteri usus. Hal ini dapat berdampak melemahkan memori dan fokus.

Makanan apa saja sih, yang sebaiknya dihindari demi menjaga otak tidak cepat pikun? Simak 5 makanan berikut ini:

Banner Pria Aceh dan Istri Turki

1. Gula tambahan

Kadar gula yang terlalu banyak dapat menjadi musuh bagi tubuh, termasuk otak. Setiap saat, kandungan glukosa dalam gula memang menjadi bahan bakar otak untuk menjalankan aktivitas selnya.

Akan tetapi, asupan gula yang berlebih justru bisa memberi dampak buruk bagi otak. Timbunan gula yang berlebih pada otak dapat memicu kerusakan dan peradangan, Bunda.

Menurut penelitian, hal tersebut memiliki kaitan dengan gangguan memori dan berkurangnya plastisitas hipokampus. Bagian otak yang satu ini bertanggung jawab untuk mengendalikan memori.

Oleh sebab itu, Bunda sebaiknya menghindari minuman yang mengandung gula tinggi seperti soda. Tak hanya itu, makanan olahan juga biasanya memiliki kadar gula tambahan.

2. Makanan yang digoreng

Seperti yang kita ketahui, makanan berminyak tak baik untuk dikonsumsi terlalu sering. Penelitian menyebutkan, orang dengan pola makan gorengan yang tinggi cenderung mengalami depresi, lho.

Hal ini juga dapat berpengaruh pada kesehatan otak. Sebuah penelitian yang melibatkan 18.080 orang menemukan fakta bahwa diet tinggi makanan yang digoreng dikaitkan dengan skor pembelajaran dan memori. Cobalah untuk mengurangi gorengan, Bunda.

Selain gorengan dan makanan bergula tinggi, makanan dengan kadar karbohidrat berlebih juga bisa mempengaruhi kesehatan otak. TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI

Saksikan juga video tiga jenis buah yang mampu meningkatkan kecerdasan otak anak.

[Gambas:Video Haibunda]

(anm/som)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!