sign up SIGN UP search


moms-life

4 Cara Mudah Menyimpan Daging Tetap Segar dan Terjaga Nutrisinya

Asri Ediyati Sabtu, 01 Aug 2020 16:03 WIB
Man preparing meat in kitchen caption
Jakarta -

Umur simpan setiap makanan tentu berbeda. Namun, jika penyimpanannya dilakukan dengan baik dan benar, maka daging tetap segar dan terjaga nutrisinya, Bunda.

Eits jangan salah, daging pun bisa disimpan dalam berbagai kondisi mulai dari mentah, diasapi, hingga direbus. Nah, cara penyimpanan dan umur simpan tergantung dari kondisi daging yang Bunda terima.

Nah, bagi Bunda yang ingin menyimpan daging tetap segar dan terjaga nutrisinya, berikut empat caranya dirangkum dari berbagai sumber:


1. Jika ingin dibekukan, simpan di plastik ziplock

Heather Marold Thomason, pendiri dan tukang daging Primal Supply Meats di AS mengatakan bahwa jika ingin menyimpan daging maka bungkus rapat untuk meminimalkan paparan udara.

"Jika Anda ingin membekukannya, masukkan daging yang dibungkus rapat ke dalam kantong ziplock untuk meminimalkan paparan udara dan atau uap air," ujarnya dikutip dari Real Simple.

Berapa lama Bunda bisa menyimpan daging beku? Mengutip Healthline, Bunda bisa menyimpannya 6 hingga 12 bulan.

2. Jika ingin ditaruh di kulkas, simpan 3 - 5 hari

Sebagian besar daging mentah dapat disimpan di lemari es selama tiga hingga lima hari. Namun ada pengecualian, daging giling dan jeroan seperti hati dan ginjal hanya boleh disimpan di lemari es selama satu atau dua hari.

Sisa makanan yang mengandung daging yang sudah dimasak harus disimpan tidak lebih dari tiga hingga empat hari sebelum dibuang.

High Altitude Hunting in winter on the Grand Mesa in western Colorado barren oak brush elk hunting Meat in Freezer -  - shot with iPhone 7 Plus (photos professionally retouched)ilustrasi daging/ Foto: iStock

3. Tanpa lemari es atau freezer

Daging juga bisa disimpan tanpa menggunakan kulkas, lho. Mengutip dari detikcom, caranya dengan mengeringkan daging, yakni menjemurnya.

Pertama-tama, irisĀ daging tipis-tipis, kemudian baluri daging dengan larutan garam. Selanjutnya letakkan daging di bawah sinar matahari hingga mengering. Daging pun siap disimpan hingga satu bulan ke depan.

4. Taburi dengan garam dapur

Jika Bunda nonton drama Korea, cara yang satu ini bisa dicontoh. Bunda bisa menaburiĀ daging dengan garam dapur. Sebab, garam diketahui mengandung mineral yang tinggi sehingga bisa membuat daging lebih awet.

Pertama-tama, potong daging menjadi beberapa bagian. Kemudian taburi garam pada sisi-sisi daging. Setelah selesai masukkan ke dalam wadah bersih dan tertutup.

Selamat mencoba!

Simak juga cara mencairkan daging beku:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi