sign up SIGN UP search


moms-life

5 Tanaman Hias Murah Meriah, Tidak Menguras Kantong

Siti Hafadzoh Selasa, 04 Aug 2020 06:00 WIB
Family of cactus plants against white background caption
Jakarta -

Di era new normal, beberapa orang punya hobi baru setelah lama di rumah saja. Salah satunya adalah berkebun, menanam tanaman hias.

Banyak tanaman hias yang sekarang kian digemari. Mulai dari aglaonema hingga monstera.

Namun, Bunda tidak perlu khawatir kalau mau merawat tanaman hias nih. Masih ada pilihan tanaman hias yang harganya murah meriah dan tidak menguras kantong. Selain harganya murah, cara merawatnya pun tidak sulit, Bunda.


Nah, dirangkum dari berbagai sumber, berikut 5 tanaman hias yang murah meriah dan tidak menguras kantong:

Green houseplant in interior of modern roomIlustrasi sansivera/ Foto: iStock

1. Sansivera

Sansivera atau di Indonesia lebih dikenal dengan nama lidah mertua merupakan tanaman hias yang murah meriah. Harga sansivera berkisar Rp20.000 hingga Rp70.000 lho.

Ada berbagai jenis sansivera yang bisa Bunda jadikan tambahan dekorasi di rumah. Ukurannya juga ada yang kecil dan besar. Sehingga cocok untuk disimpan di berbagai ruangan.

Selain mempercantik ruangan, tanaman lidah mertua juga punya manfaat untuk keluarga. Dilansir Fern N Petals, sansivera dipercaya membantu meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan penghuni rumah.

Tanaman hias ini membantu menyerap radiasi berbahaya yang dipancarkan perangkat elektronik. Nah, Bunda disarankan untuk menyimpan sansivera di ruangan yang ada perangkat elektroniknya.

Cactus in interior, window in a bed room, scandinavian styleIlustrasi kaktus mini/ Foto: iStock

2. Kaktus mini

Bunda punya lahan yang tidak besar untuk merawat tanaman hias? Tanaman kaktus mini bisa menjadi solusinya nih.

Bunda bisa tempatkan kaktus mini di berbagai ruangan. Mulai dari ruang tamu, bahkan juga di kamar mandi lho.

Ada berbagai kaktus mini yang bisa Bunda temukan di toko tanaman hias atau online shop. Harganya sekitar Rp7.000 hingga Rp84.000.

Meskipun murah, tanaman ini bentuknya cantik, Bunda. Apalagi kalau dihias dalam bentuk terarium.

lavender flowers on windowsillIlustrasi tanaman lavender/ Foto: iStock

3. Lavender

Warna ungu bunga lavender dapat mempercantik taman Bunda. Harganya juga tidak mahal lho.

Bunga lavender dijual di beberapa toko tanaman hias dan online shop. Lavender dibanderol dengan harga sekitar Rp5.000 sampai Rp50.000 saja.

Selain cantik, tanaman lavender bisa mengusir nyamuk dari rumah Bunda. Dikutip Garden Design, lavender mengandung minyak atsiri pada kuncup bunganya, sehingga termasuk tanaman pengusir nyamuk yang nyaman digunakan.

Lavender dapat ditanam langsung di tanah atau menggunakan pot. Aroma wangi pada bunga lavender akan membuat rumah Bunda menjadi lebih nyaman nih.

Green houseplant in interior of modern roomIlustrasi hydrangea/ Foto: iStock

4. Hydrangea

Tanaman hydrangea alias bokor punya ciri khas bunganya berkumpul, seperti brokoli. Warna-warnanya mencolok dan membuat taman menjadi indah.

Ada berbagai warna bunga hydrangea yang bisa Bunda pilih. Mulai dari pink, biru, hingga ungu.

Harganya juga relatif terjangkau lho. Mulai dari Rp35.000 sampai Rp60.000.

Namun, Bunda perlu berhati-hati nih terhadap bunga hydrangea. Dilansir Architecture Lab, kuncup bunga hydrangea mengandung racun yang jika tertelan bisa berdampak sama seperti sianida, yaitu pusing, sesak nafas, kejang, hingga kematian dalam waktu singkat.

BougainvilleaIlustrasi bougenville/ Foto: iStock

5. Bougenville

Sebagian orang percaya bahwa tanaman bougenville dapat membawa keberuntungan. Meski dianggap sebagai pembawa hoki, bougenville merupakan tanaman hias yang murah lho.

Bunda bisa menemukan bougenville dengan mudah nih di toko tanaman hias bahkan online shop. Harganya sekitar Rp50.000 sampai Rp100.000.

Mengutip Gardening to Know, sebaiknya Bunda menanam bougenville di media tanam yang tidak banyak mengandung gambut. Terlalu banyak gambut dapat menyebabkan kelembapan semakin bertahan lama dan akar bisa membusuk.

Bougenville perlu disiram sesering mungkin ya, Bunda. Jangan biarkan tanah bougenville menjadi sangat kering.

Lihat juga inspirasi rumah lama yang punya lantai 2 berisi kebun berikut ini, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi