sign up SIGN UP search

moms-life

2 Cara Menyimpan Nasi Sisa Supaya Awet Berhari-Hari

Siti Hafadzoh   |   Haibunda Kamis, 20 Aug 2020 05:00 WIB
Fakta kesehatan makan nasi caption
Jakarta -

Bunda pasti setiap hari memasak nasi sebagai makanan pokok di rumah. Tapi, bagaimana kalau Bunda memasak nasi terlalu banyak?

Kalau masak nasi terlalu banyak, sisanya jangan dibuang ya. Nasi masih bisa disimpan untuk beberapa hari ke depan kok. Asalkan cara menyimpannya tepat.

Seperti yang kita tahu, nasi cepat basi ya, Bunda. Makanya, harus disimpan dengan benar supaya tidak terbuang sia-sia.


Mengutip Southern Living, ini 2 cara menyimpan nasi sisa supaya awet berhari-hari:

1. Menyimpan di lemari es

Kalau Bunda ingin mengonsumsi nasi untuk dua hari ke depan, bisa menggunakan trik ini. Dengan dimasukkan ke kulkas, nasi sisa bisa awet lebih lama.

Pertama, dinginkan secepat mungkin. Bakteri akan tumbuh di dalam nasi kalau disimpan di tempat bersuhu ruangan. Makanya, kalau mau disimpan untuk besok, langsung masukkan nasi ke dalam kulkas.

Nasi harus disimpan di wadah kedap udara ya, Bunda. Kalau udara masuk, nasi malah menjadi keras.

Masukkan nasi yang sudah dingin ke dalam wadah kedap udara. Misalnya, wadah makanan atau kantong plastik ziplock.

Ketika ingin dimakan, Bunda perlu menghangatkan nasi terlebih dahulu. Caranya adalah menuangkan air secukupnya, kemudian panaskan di microwave.

Bunda juga bisa memanaskan nasi menggunakan panci di atas kompor dengan api sedang. Tapi, airnya jangan terlalu banyak, nanti malah menjadi bubur.

Dengan cara menyimpan ini, nasi bisa awet berhari-hari. Dilansir Still Tasty, nasi yang disimpan di kulkas awet 4 sampai 6 hari.

2. Menyimpan di dalam freezer

Tahukah Bunda? Nasi juga bisa disimpan berbulan-bulan lho. Dengan memasukkan ke freezer, nasi bisa awet sampai 6 bulan. Tapi, usahakan agar nasi tetap beku.

Sama seperti cara sebelumnya, kalau ingin nasi awet lebih lama, segera dinginkan ya. Jangan sampai nasi berada di suhu ruangan lebih dari 2 jam.

Masukkan nasi yang sudah tidak panas ke dalam plastik freezer. Tekan plastik untuk menghilangkan udara. Kemudian, simpan di dalam freezer.

Cara menghangatkan nasi beku juga sama dengan sebelumnya, Bunda. Tambahkan sedikit air sebelum dipanaskan menggunakan microwave atau panci.

Semoga tipsnya bermanfaat ya, Bunda!

Lihat juga tips menyimpan lemon agar awet berbulan-bulan berikut ini ya.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/kuy)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!