sign up SIGN UP search


moms-life

Tak Melulu Libatkan Fisik, Ini 4 Jenis Perselingkuhan Dalam Pernikahan

Kinan Selasa, 08 Sep 2020 17:04 WIB
Boyfriend and another woman grab hands from behind together without sight of his girlfriend.. Paramour and divorce concept. Social problem and cheating couples theme. Teen adult and University theme. caption
Jakarta -

Selingkuh seringkali dianggap sebagai sesuatu yang bersifat fisik, ini berarti suami bertemu dengan wanita lain. Padahal nyatanya, suami selingkuh tidak selalu demikian lho, Bunda.

Menurut konsultan Carly Snyder, MD, perselingkuhan pada dasarnya merupakan sebuah pengkhianatan atas rasa percaya. Kondisi ini dapat menyebabkan tekanan yang signifikan dalam pernikahan.

Ya, ada beberapa jenis perselingkuhan yang bisa terjadi dalam sebuah pernikahan. Berikut ulasannya:


1. Perselingkuhan bersifat romantis

Menurut Snyder, perselingkuhan jenis romantis ini dilakukan dengan serius dan melibatkan perasaan. Salah satu pihak biasanya akan menuntut pihak lainnya untuk mengambil langkah serius, misalnya bagi suami yang selingkuh yakni dengan meninggalkan istri sah.

2. Perselingkuhan kasual

Kebalikan dari perselingkuhan yang romantis dan melibatkan perasaan, pada perselingkuhan jenis ini, tidak ada perasaan dan hanya mementingkan aktivitas fisik. Pemuasan secara seksual kerap dijadikan latar belakang suami melakukan perselingkuhan dalam jenis ini.

Ya, masing-masing pihak biasanya tidak akan mengharapkan adanya sesuatu yang bersifat serius dan romantis dalam hubungan yang kasual.

3. Perselingkuhan emosional

Berawal dari sering curhat dengan wanita lain, suami lantas jadi terikat secara emosional? Snyder menyebutkan kondisi ini juga bisa dianggap sebagai perselingkuhan. Terlebih jika ada rasa ingin menutup-nutupi kondisi yang ada dari istri.

Perselingkuhan emosional biasanya tidak melibatkan aktivitas fisik dan seksual, tetapi lebih menekankan pada rasa nyaman dan dihargai.

"Meskipun perselingkuhan seperti ini tidak melewati batas secara fisik, dampaknya bisa sama merugikannya bagi pernikahan. Keintiman yang terlibat dalam perselingkuhan emosional bahkan bisa jadi lebih intens dibandingkan aktivitas fisik," tuturnya, dikutip dari Very Well Mind.

4. Perselingkuhan di dunia maya

Pada hubungan ini, terjadi keterlibatan hubungan dengan wanita lain secara online. Bisa jadi suami bahkan tidak pernah bertemu secara langsung dengan wanita tersebut, Bunda.

Aktivitas yang dilakukan diam-diam dalam perselingkuhan jenis ini misalnya melalui chatting, webcam, atau pesan teks. Seringkali perselingkuhan di dunia maya memiliki sifat emosional dan bahkan seksual.

Tetap berhati-hati dan jaga komunikasi dalam pernikahan ya, Bunda!

Simak juga video hikmah perceraian di mata Kirana Larasati:

[Gambas:Video Haibunda]



(kuy/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi