sign up SIGN UP search


moms-life

Tanaman Hias Kokedama, Cocok untuk Bunda yang Pemula

Siti Hafadzoh Minggu, 13 Sep 2020 04:00 WIB
Cute small green succulent plant in rope ball pot on wooden background caption
Jakarta -

Bunda ingin memulai hobi tanaman hias tapi tidak tahu harus mulai dari mana? Nah, metode menanam bernama kokedama ini sangat tepat untuk Bunda yang masih pemula.

Kokedama sendiri merupakan metode menanam yang diperkenalkan oleh para petani di Jepang. Tanaman kokedama ditanam di dalam media tanam yang dibentuk menjadi bulat.

"Cuma kemasannya lebih di-matching-in sama kekinian," kata Ibad Hamdan, seorang petani tanaman hias sekaligus pemilik toko Ibad Garden.


Nah, metode menanam kokedama menggunakan berbagai media tanam yang sesuai dengan tumbuhannya, Bunda. Jadi, kita tidak perlu lagi repot memikirkan takaran media tanam.

"Jadi, kokedama itu enggak perlu lagi menanam. Enggak perlu mikirin lagi unsur media tanamnya. Sudah terbalut penuh dengan media tanam yang kompleks," ujar Hamdan kepada HaiBunda.

Semua tanaman bisa kok ditanam dengan metode kokedama. Mulai dari tanaman hias hingga sayuran, Bunda. Hanya ada satu pengecualian tanaman yang tidak bisa menggunakan metode kokedama.

"Pengecualian yang memiliki akar tunggang. Contohnya apa yang akar tunggang? Pohon palem, pohon ketapang, pohon beringin," kata Hamdan.

Cara merawat tanaman kokedama cukup berbeda nih. Tidak bisa disiram secara langsung seperti tanaman hias biasa. Cara memberi air tanaman kokedama adalah dengan merendam media tanamnya ke dalam air.

Cukup mudah kan, Bunda? Jadi, apakah tertarik dengan metode menanam kokedama?

Lihat juga tanaman termahal di dunia di video berikut ini yuk, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi