sign up SIGN UP search


moms-life

Bunda Sering Ngomel? Ternyata Efeknya Bagus Buat Kesehatan Suami

Kurnia Yustiana Senin, 21 Sep 2020 14:07 WIB
Young tender husband hugging his wife, loving man embracing woman gently and tightly sitting on couch at home, showing love and support, happy soulmates or close friends, peace, harmony, understanding caption
Jakarta -

Rumah tangga yang tenang dan jauh dari perdebatan tentu menjadi impian ya, Bunda. Tapi tak jarang, ada saja hal yang membuat Bunda mengomel dan berujung berdebat dengan suami.

Omelan istri tentu bukan kalimat-kalimat yang keluar tanpa alasan. Bunda bisa saja mengomel karena kebiasaan buruk suami yang sepele tapi terasa menyebalkan seperti meletakkan barang di sembarang tempat, terlambat makan dan lain sebagainya.

Bisa dibilang omelan ini sebenarnya bentuk kasih sayang istri terhadap suami. Mendengar omelan memang terkadang menyebalkan, apalagi kalau Ayah baru pulang kerja ya. Kalau keseringan bisa jadi malah meningkatkan kemungkinan konflik rumah tangga.


Namun ternyata omelan istri berdampak positif lho terhadap kesehatan suami. Dilansir dari situs resmi Michigan State University, sebuah penelitian yang diketuai profesor sosiologi Michigan State University, Hui Liu, menunjukkan bahwa omelan istri berperan dalam kesehatan suami.

Penelitian dilakukan terhadap 1.228 pasangan suami istri selama 5 tahun, usia 57 hingga 85 tahun, dengan 389 orang mengidap diabetes. Hasilnya, omelan istri membuat pria tidak bahagia, tapi justru menghambat perkembangan penyakit diabetes yang diderita suami.

"Studi ini menentang anggapan tradisional bahwa kualitas perkawinan yang buruk selalu merugikan kesehatan," kata Hui Liu.

Penderita diabetes memang butuh perhatian serta perawatan khusus. Istri yang kerap mengomel demi pola makan dan aktivitas suami diabetes yang teratur misalnya, sebenarnya menunjukkan bentuk kepedulian.

"Ini juga mendorong keluarga untuk membedakan berbagai sumber dan jenis kualitas pernikahan. Terkadang, mengomel berarti peduli," ujarnya.

Selain diabetes, omelan istri juga berdampak baik terhadap kesehatan suami yang menderita penyakit lainnya. Misalnya saja penyakit jantung.

Sebuah studi yang diterbitkan Western Journal of Nursing Research menunjukkan kalau omelan merupakan upaya memberikan dukungan emosional, serta dorongan untuk memelihara kesehatan.

Nah, omelan memang ternyata tak selalu berdampak buruk ya, Bunda. Tapi tentu saja sebaiknya jangan selalu sering mengomel jika tidak pada tempatnya, supaya suami juga tak merasa terganggu dan dikekang.

Simak juga video cerita cinta Angie 'Virgin' dan suami:

[Gambas:Video Haibunda]



(kuy/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi