sign up SIGN UP search


moms-life

7 Jenis Tanaman Hias Aglaonema dan Tips Merawatnya

Mutiara Ananda Jumat, 02 Oct 2020 04:00 WIB
White Green Leaves of Aglaonema Plants as Texture Background. Aglaonema flowers caption

Bunda yang hobi berkebun pasti sudah mengenal tanaman hias aglaonema, ya. Aglaonema atau yang biasa dikenal dengan tanaman sri rejeki ini biasa ditemui dengan daun berwarna hijau.

Tapi ternyata, tanaman hias yang dipercaya bisa membawa keberuntungan ini memiliki banyak jenis lho, Bunda. Kalau Bunda penasaran, berikut 7 jenis tanaman hias aglaonema beserta tips merawatnya, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Aglaonema cutlass

Varietas aglaonema yang satu ini memiliki daun yang cukup unik lho, Bunda. Daun tanaman hias aglaonema cutlass berbentuk panjang dengan garis-garis mirip belati. Selain itu, tanaman hias aglaonema cutlass juga memiliki daun hijau gelap dengan guratan putih.


Cara merawat aglaonema cutlass terbilang mudah nih, Bunda. Tidak membutuhkan penyiraman yang begitu sering. Cocok banget untuk Bunda yang sibuk beraktivitas tapi ingin punya tanaman hias yang cantik.

2. Aglaonema harlequin

Tanaman hias aglaonema harlequin memiliki warna hijau yang lebih tua nih, Bunda. Permukaan daun tanaman hias aglaonema harlequin ada sedikit bintik dengan warna kuning dan merah muda.

Varietas yang satu ini cukup populer dan sering jadi incaran pembeli. Jika Bunda juga ingin merawat tanaman hias aglaonema harlequin, cukup tempatkan di daerah yang teduh ya, Bunda. Kalau terlalu terang, daunnya akan berubah menjadi warna kuning.

3. Aglaonema modestum

Kalau ingin merawat tanaman hias, Bunda bisa memilih yang tak hanya cantik tapi juga bermanfaat. Seperti tanaman hias cantik aglaonema modestum ini.

Selain bisa mempercantik rumah Bunda, tanaman hias aglaonema modestum dipercaya bisa membersihkan udara sekitar rumah Bunda. Merawatnya pun enggak sulit nih, Bunda. Cukup siram tanaman hias secara teratur dan jangan diberi paparan sinar matahari terlalu banyak.

4. Aglaonema silver queen

Jenis tanaman hias aglaonema yang satu ini adalah yang paling terkenal di negara China nih, Bunda. Tapi, tanaman hias yang terlihat berwarna silver ini juga banyak ditemui di Indonesia. 

Untuk merawatnya, Bunda perlu pastikan tanaman hias aglaonema silver queen mendapat cahaya teduh setiap harinya. Jika menjadi tanaman hias indoor, letakkan di dekat jendela rumah.

5. Aglaonema silver king

Mirip dengan tanaman hias aglaonema silver queen, aglaonema silver king memiliki daun berwarna hijau pucat dan perak. Hanya saja, tanaman hias aglaonema silver king memiliki banyak garis pada daunnya.

Saat tumbuh besar, daun aglaonema silver king bisa tumbuh hingga mencapai 30 cm. Sama dengan silver queen, silver king juga harus diletakkan di daerah yang teduh dan tidak kena sinar matahari langsung.

6. Aglaonema red gold

Tanaman hias aglaonema red gold bisa ditanam di dalam maupun luar rumah nih, Bunda. Sesuai dengan namanya, tanaman hias aglaonema red gold memiliki daun dengan tepian berwarna merah di bagian tengahnya.

Jangan biarkan tanah pada pot tanaman hias aglaonema red gold benar-benar kering ya, Bunda. Siram aglaonema red gold secara berkala dan teratur.

7. Aglaonema emerald bay

Aglaonema emerald bay memiliki daun hijau tua dengan abu-abu di bagian tengahnya. Tanaman hias aglaonema jenis ini bisa ditanam di lokasi manapun nih, Bunda. Dengan syarat, hindari terlalu banyak sinar matahari yang terik.

Merawatnya juga sangat mudah. Bunda perlu menyiram ketika tanah pada pot sudah benar-benar kering.

Nah, Bunda sudah punya jenis tanaman hias aglaonema yang mana? 

Simak juga video tanaman hias tropis:

[Gambas:Video Haibunda]



(kuy/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi